DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MATERI BENDA DAN SIFAT-SIFATNYA MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION, DEMONSTRATIONDAN MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS V SDN LOK BUNTAR KECAMATAN SUNGAI TABUK KABUPATEN BANJAR
PENGARANG:NURJANNAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-12-05


 

Kata Kunci:  IPA, Inkuiri Terbimbing dikombinasikan dengan Snowball Throwing, Hasil Belajar.

 Permasalahan siswa dalam pembelajaran IPA  pada materi konsep struktur dan fungsi bagian tumbuhan di Kelas IV adalah siswa mengalami kesulitan belajar pada pembelajaran IPA khususnya pada materi konsep struktur dan fungsi bagian tumbuhan.  Sehingga berdampak pada hasil belajar siswa yang kurang maksimal yaitu nilainya dibawah KKM yang ditetapkan sekolah, yaitu 65. Salah satu upaya untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa dalam pembelajaran IPA melaui model pembelajaran Inkuiri Terbimbing Kombinasi  Snowball Throwing. Tujuan  penelitian ini untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa.

Jenis penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tahapan Perencanaan, Pelaksanaan, Tindakan, Pengamatan dan Refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelasIV SDN Pembantanan 2 dengan jumlah siswa 25 orang terdiri dari 15 orang siswa laki-laki dan 10 orang siswa perempuan. Analisis data secara kualitatif dan kuantitatif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran melalui model pembelajaran Inkuiri Terbimbing Kombinasi  Snowball Throwing telah berhasil meningkatkan hasil belajar pada materi konsep struktur dan fungsi bagian tumbuhan, yaitu; (1) Aktivitas guru pada siklus I  memperoleh skor 14,5tergolongbaik dan pada siklus II  memperoleh skor 21 tergolong sangat baik.  (2) Aktivitas siswa terjadi peningkatan yaitu pada siklus I 37%, kemudian pada siklus II menjadi 82%, (3) Pada siklus I dengan ketuntasan klasikal 60,335% dan meningkat menjadi 84% pada siklus II,

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing Kombinasi  dengan Snowball Throwing dapat meningkatkan hasil belajar  IPA pada materi konsep struktur dan fungsi bagian tumbuhan siswa kelas IV SDN Pembantanan 2. Sedangkan saran yang dikemukakan peneliti secara umum agar model pembelajaran Inkuiri Terbimbing Kombinasi dengan Snowball Throwing ini dapat menjadi alternatif model pembelajaran dalam pelajaran IPA untuk memperbaiki pembelajaran dan meningkatkan aktivitas siswa dan hasil belajar

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI