DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KONSEP PERBANDINGAN DAN SKALA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DIKOMBINASIKAN THINK PAIR SHARE (TPS) DAN SNOWBALL THROWING DI KELAS V SDN GUDANG HIRANG 4 KABUPATEN BANJAR
PENGARANG:REDAWATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-12-05


 

Redawati. 2019. Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Konsep Perbandingan dan Skala Menggunakan Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) dikombinasikan  Think Pair Share (TPS) dan Snowball Throwing di Kelas V SDN Gudang Hirang 4. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: Dr. H. Metroyadi, SH, M.Pd

Kata Kunci : Matematika, Team Assisted Individualization (TAI) kombinasi Think Pair Share (TPS) dan Snowball Throwing, hasil belajar

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar siswa kelas V SDN Gudang Hirang 4 terhadap pembelajaran Matematika. Masalah dalam penelitian ini adalah siswa kurang berminat mengikuti proses pembelajaran. Siswa kurang kreatif, kurang terlibat langsung, dan pertanyaan jarang muncul ketika proses pembelajaran. Upaya yang dilakukan adalah dengan menggunakan Team Assisted Individualization (TAI) dikombinasikan  Think Pair Share (TPS) dan Snowball Throwing.

Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan selama dua siklus.  Setting penelitian dilakukan di SDN Gudang Hirang 4 pada siswa kelas V dengan jumlah siswa 25 orang tahun ajaran 2018/2019. Penelitian dilakukan pada pelajaran matematika materi perbandingan dan skala. Jenis data yang digunakan yaitu data kualitatif berupa observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa dalam kegiatan pembelajaran serta data kuantitatif berupa hasil belajar siswa yang diperoleh melalui tes tertulis. Analisis data dihitung berdasarkan skala persentasi dan indikator ketuntasan belajar klasikal yang telah ditetapkan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Team Assisted Individualization (TAI) dikombinasikan  Think Pair Share (TPS) dan Snowball Throwing, dapat diketahui aktivitas guru dari pertemuan I dengan perolehan skor 31, pertemuanII memperoleh skor 32, pertemuan III memperoleh Skor 33, pada pertemuanIV mendapat skor 40. Aktivitas siswa pertemuan I memperoleh skor 60, pada pertemuan II memperoleh skor 64, pada pertemuanIII memperoleh skor 76 dan pada pertemuan IV memperoleh skor 92. Hasil belajar siswa mencapai indikator  keberhasilan yang diharapkan, pada pertemuan I mencapai 64%, padapertemuan II mencapai 72 %  pada pertemuan III mencapai 76% dan pada pertemuan IV mencapai 96%.    

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan Team Assisted Individualization (TAI) dikombinasikan  Think Pair Share (TPS) dan Snowball Throwing terjadi peningkatan aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa pada pelajaran matematika materi perbandingan dan skala. Disarankan kepada guru untuk menggunakan kombinasi Team Assisted Individualization (TAI) dikombinasikan  Think Pair Share (TPS) dan Snowball Throwing dalam menciptakan kegiatan belajar mengajar yang dapat meningkatkan interaksi dan keterlibatan siswa pada kegiatan pembelajaran, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI