DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PEMEROLEHAN KALIMAT BAHASA INDONESIA ANAK USIA LIMA TAHUN
PENGARANG:HAERIYAH NOVITA
PENERBIT:-
TANGGAL:2018-01-19


Kata kunci: Pertahanan Diri, Tokoh Utama, Novel Perempuan
Setiap masalah menjadikan seseorang untuk memilih jalan yang terbaik untuk menyelesaikannya dengan mempertimbangkannya terlebih dahulu untuk menghindari kecemasan diri dari tatanan masalah yang sedang terjadi, penyelesaian tersebut dilakukan dengan cara yang berbeda-beda. Demikian halnya dengan salah satu sosok perempuan dalam novel Perempuan Kembang Jepun Karya Lan Fang yang menitikberatkan pada pertahanan diri atau ego seorang perempuan dalam mempertahankan dirinya.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif analisis . dalam penelitian ini lebih menekankan pada metode psikologi sastra, yaitu mendeskripsikan kondisi psikologis tokoh utama dan pertahanan diri yang dialami oleh tokoh utama dalam novel Perempuan Kembang Jepun Karya Lan Fang sebagai sumber data. Teknik baca-catat merupakan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini.
Hasil penelitian ini ditemukannya pertahanan diri pada tokoh utama dalam novel Perempuan Kembang Jepun Karya Lan Fang diakibatkan karena adanya gejola dalam diri yang berupa kebutuhan seperti ego dan super ego atau yang disebut struktur kepribadian. Ada beberapa cara mengatasi pertahanan diri seperti represi, suplimasi, proyeksi, pengalihan, rasionalisasi, regresi, agresi, apatis, fantasi dan stereotype untuk menyelesaikan masalah yang sedang dialami untuk mencari jalan keluar.
Dengan demikian, hasil penelitian ini dapat dijadikan salah satu bahan perbandingan, pertimbangan yang dapat dimanfaatkan sebagai penyelesaian masalah dan pengambilan keputusan secara tetap tanpa adanya penyesalan dalam mengahadapi kehidupan sehari-hari.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI