DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH KEBIJAKAN DIVIDEN TERHADAP HARGA SAHAM PERUSAHAAN ASURANSI YANG LISTING DI BURSA EFEK INDONESIA
PENGARANG:MUHAMMAD ANWAR
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-12-05


ABSTRAK

Muhammad Anwar, D1A212070, 2019, Pengaruh Kebijakan Dividen terhadap Harga Saham Perusahaan Asuransi yang Listing di Bursa Efek Indonesia. Dibawah bimbingan Hairudinor dan Sugiharto.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kebijakan Dividen terhadap Harga Saham pada Perusahaan Asuransi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Berdasarkan data yang diperoleh dari Laporan Keuangan Tahunan yang dipublikasikan di situs resmi Bursa Efek Indonesia pada periode 2014 -2018.

Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan asuransi dengan sampel sebanyak 10 perusahaan yang rutin mempublikasikan laporan keuangan tahunan dan rutin membagikan dividen kepada pemegang saham, serta terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2014-2018. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis Regresi Linier Sederhana.

Hasil penelitian membuktikan kebijakan dividen berpengaruh signifikan terhadap harga saham dengan besar pengaruh 80,3 %, sedangkan 19,7 % dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.

 

Kata Kunci: Kebijakan Dividen, dan Harga Saham.

 

 

ABSTRACT

Muhammad Anwar, D1A212070, 2019, The Effect of Dividend Policy on the Stock Price of Insurance Companies Listing on the Indonesia Stock Exchange. Under the guidance of Hairudinor and Sugiharto.

This study aims to determine the effect of Dividend Policy on Share Prices on Insurance Companies listed on the Indonesia Stock Exchange.  Based on data obtained from the Annual Financial Statements published on the official website of the Indonesia Stock Exchange in the period 2014-2018.

The population used in this study is insurance companies with a sample of 10 companies that routinely publish annual financial statements and routinely distribute dividends to shareholders, and are listed on the Indonesia Stock Exchange in the period 2014-2018. The analysis technique used in this study is Linear Regression Analysis  Simple.

The results of research proves that dividend policy has significant on the stock prices with big influence 80,3 %, while 19,7 % is influence by other factors that not insert in this research.

 

Keywords: Dividend Policy, and Share Prices.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI