DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERCERITA ANAK DAN AKTIVITAS BELAJAR ANAK MENGGUNAKAN STORY TELLING DENGAN KOMBINASI MODEL PICTURE AND PICTURE DAN NUMBER HEAD TOGETHER DI TK MELATI PUALAM SARI KECAMATAN BINUANG KEBUPATEN TAPIN
PENGARANG:JESELA GUSTIKA RUSMANATASIA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-12-06


Ketertarikan anak TK  pada cerita yang ditampilkan akan dapat memunculkan ide-ide baru atau gagasan yang dapat mengembangkan kemampuan berbahasa anak. Dari hal-hal tersebut anak dilatih untuk berpikir logis, anak dapat berbicara mengungkapkan alasan-alasan dari tokoh-tokoh yang telah mereka saksikan kemudian dijadikan sebagai bahan acuan anak untuk bercerita.

Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan kegiatan guru, anak serta meneliti peningkatankemampuan bercerita anak dalam pengembangan bahasa dan aktivitas belajar anak dalam kemampuan bercerita dan mengurutkan rangkaian gambar dengan  metode pembelajaran story telling dikombinasikan model Picture And Picture dan Number Head Together di kelompok A. subjek penelitian adalah anak di Kelompok A Melati Pualam Sari Tapin dengan jumlah 24 anak. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar aktivitas guru, lembar aktivitas anak dan lembar hasil kemampuan anak.

Metode penelitian yang digunakan dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Sumber data dalam pelaksanaan ini adalah fasilitator dan anak di kelompok A dengan instrumen pengambilan data yaitu observasi. Adapun kegiatan dilaksanakan dalam 2 siklus dalam 3 kali pertemuan. Hasil dari penelitian ini berkaitan dengan aktivitas guru terlaksana dengan langkah-langkah yang ditetapkan dalam kategori sangat baik dan aktivitas anak secara klasikal sebesar 93,3% dalam kategori sangat aktif.

Saran Bagi guru, diharapkan hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai pedoman dalam upaya meningkatan mutu pembelajaran dalam aspek bahasa dan hasil belajar anak. Bagi kepala sekolah, sebagai bahan pertimbangan agar lebih memberikan dukungan serta bimbingan kepada guru untuk menerapkan model pembelajaran. Bagi Peneliti selanjutnya, guna menambah kreativitas dalam mengembangkan proses pembelajaran.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI