DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Kesantunan Direktif dalam Tuturan Tokoh Sinetron Catatan Hati Seorang Istri di Rcti
PENGARANG:SAADUDDIN LUTHFI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-12-06


ABSTRAK

Luthfi, Sa’aduddin. 2018. Kesantunan Direktif dalam Tuturan Tokoh Sinetron Catatan Hati Seorang Istri Di Rcti. Tesis. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Program Pascasarjana Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing: (I) Prof. Drs. H. Rustam Effendi, Ph.D., (II) Dr. M. Rafiek, M.Pd.,

 

Kata Kunci:kesantunandirektif, tuturan, sinetron

Kesantunan dalam berbahasa dapat terlihat dari tata cara penutur dalam berkomunikasi dengan petuturnya. Agar proses komunikasi dapat terjalin dengan baik, diperlukan penggunaan bahasa santun dengan petutur. Penggunaan wujud kesantunan, strategi kesantunan positif, dan strategi kesantunan negatif merupakan salah satu cara agar terjalinnya sebuah hubungan sosial yang baik. Oleh sebab itu, antara penutur dan petutur perlu memperhatikan kesantunan berbahasa.

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi secara objektif tentang wujud kesantunandirektif, strategi kesantunan direktif, dan fungsi kesantunan direktif dalam tuturan tokoh sinetron Catatan Hati Seorang Istri. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Metode yang digunakan adalah metode deskriptifmetode analisis isi (contentanalysis). Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data penelitian meliputi berbagai macam tuturan dalam percakapan tokoh  sinetron Catatan Hati Seorang Istri, yang terkandung maksud dan makna dari wujud pelaksanaan, pelanggaran, dan strategi kesantunan. Sumber dalam penelitian ini adalah sinetron Catatan Hati Seorang Istri yang ditayangkan RCTI dari Senin sampai Jumat dan diambil dari episode 1 sampai episode 5..

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kesantunandirektif yang terdapat dalam tuturan tokoh sinetron Catatan Hati Seorang Istri meliputi(a) kalimat perintah halus, (b) kalimat perintah langsung, (c) kalimat perintah larangan langsung, (d) kalimat perintah larangan halus, (e) kalimat perintah permintaan. Kemudian ditemukan dua strategi prinsip kesantunan, yakni (1) strategi kesantunan positif dan (2) strategi kesantunan negatif.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI