DIGITAL LIBRARY



JUDUL:IMPLEMENTASI KONSEP KEMITRAAN SEKOLAH DALAM PELAKSANAAN MANAJEMEN HUBUNGAN SEKOLAH DENGAN MASYARAKAT (Studi Multi Kasus SMA Islam Terpadu Ukhuwah Banjarmasin dan SMK Islam Sabilal Muhtadin Banjarmasin)
PENGARANG:MENIK DEWITASARI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-12-06


ABSTRAK

 

Menik Dewitasari,2019.ImplementasiKonsep Kemitraan Sekolahdalam Pelaksanaan Manajemen Hubungan Sekolah dengan Masyarakat Studi Multikasus pada SMA Islam Terpadu Ukhuwah dan SMK Islam Sabilal Muhtadin Banjarmasin. Tesis, Program Pascasarjana Program Magister Manajemen Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing:    (I) Dr. H. Muhammad Saleh, M.Pd, (II)Dr. H. A. Muhyani Rizalie, M.Si.

 

Kata kunci :Manajemen Hubungan Sekolah dengan Masyarakat, Kemitraan Sekolah

 

Sekolah sebagai bagian dari masyarakat menekankan pada pemenuhan akan kebutuhan masyarakat yang terkait dengan sekolah. Hal itu menggambarkan bahwa pelaksanaan hubungan masyarakat tidak menunggu adanya permintaan masyarakat, tetapi sekolah berusaha secara aktif serta mengambil inisiatif untuk melakukan berbagai aktivitas agar tercipta hubungan dan kerjasama yang harmonis. Hubungan dengan masyarakat dilakukan dengan tujuan memperoleh keuntungan dan kemudahan bagi kedua belah pihak. Oleh karena itu, apabila hubungan masyarakat dikelola dengan baik, pasti menghasilkan suatu kerja sama dalam program kemitraan sekolah (partnership) yang baik bagi keduanya.

Subyek penelitian adalah:kepala sekolah, guru, komite, serta warga sekolah di SMA Islam Terpadu Ukhuwah dan SMK Islam Sabilal Muhtadin Banjarmasin. Fokus penelitian: (1) pelaksanaan manajemen hubungan sekolah dengan masyarakat; (2) program kemitraan sekolah; (3)kendala dalam pelaksanaan program kemitraan sekolah.Tujuanpenelitian: (1) mendeskripsikan pelaksanaan manajemen hubungan sekolah dengan masyarakat; (2)mendeskripsikan program kemitraan sekolah; (3)mendeksripsikan kendala dalam pelaksanaan program kemitraan sekolah.

Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif jenis fenomenologi dengan rancangan studi multikasus dan metode komparatif konstan. Data dikumpulkan dengan menggunakan wawancara mendalam, observasi berperan serta, dan teknik dokumentasi. Informan dipilih dengan menggunakan teknik purposif yang dipadukan dengan teknik snowball sampling. Data yang terkumpul melalui berbagai teknik tersebut, diperiksa dan dilakukan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas, dan konfirmabilitas. Selesai diperiksa, data yang terkumpul dianalisis dengan analisis kasus tunggal dan analisis lintas situs.Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa hubungan sekolah dengan masyarakat dilaksanakan dengan semangat kerja sama antara sekolah dan masyarakat secara aktif dan berkesinambunganakan mendorong masyarakat menaruh minat dan mempunyai kepentingan, implementasi konsep program kemitraan sekolah dapat menjawab tantangan dan menghasilkan lulusan yang kompeten.Walaupun masih menemukan kendala pada pendanaan sekolah, partisipasi orang tua, dan kemampuan manajerial kepala sekolah.

Penelitian ini memberikan implikasi bahwa strategi komunikasi yang mendayagunakan sumber personal dan materiil dapat mendorong keberhasilan pelaksanaan manajemen hubungan sekolah dengan masyarakat.Penelitian ini disarankan kepada: (1) Kepala sekolah diharapkan mampu menyiapkan suatu sistem dan strategi untuk menjamin bahwa hubungan sekolah dengan masyarakat diterapkan sepenuhnya untuk memberi manfaat kedua belah pihak. (2) Wakil kepala sekolah bidang Humas diharapkan lebih memahami tugas dan fungsinya agar dapat mengembangkan kemampuan bekerja sama dalam mengelola hubungan sekolah dengan masyarakat.(3) Peneliti selanjutnya hendaknya dapat mengkaji dan mengembangkan lebih mendalam aspek-aspek berkaitan denganmanajemen hubungan sekolah dengan masyarakat dalam kasus yang lain.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI