DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN PEMBELAJARAN IPA MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI BAGIAN TUMBUHAN MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL), NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DAN LEARNING TOGETHER DI KELAS IV SDN DESA BARU 2
PENGARANG:JAMILAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-12-07


Permasalahan dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa rendah karena siswa kurang berminat untuk mengikuti pelajaran yang diajarkan oleh guru, siswa akan pasif dan merasa bosan karena suasana belajar yang tidak menyenangkan dan tidak termotivasi untuk mengikuti pelajaran. Guru hanya menggunakan metode ceramah dan tidak menggunakan media pembelajaran untuk mendukung kegiatan pembelajaran Sehingga memperoleh hasil belajar kurang dari kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu 60. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan aktivitas guru dan siswa serta hasil belajar materi pada siswa kelas IVSDN Desa baru 2 dengan penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning(CTL), (Numbered Head Together(NHT) dan learning together.

Penelitian ini merupakan tindakan kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus.Siklus I dan siklus II masing-masing terdiri dari 2 kali pertemuan dengan menggunakan Pendekatan Contextual Teaching and Learning(CTL), (Numbered Head Together(NHT) dan learning together.Pada setiap akhir siklus diadakan evaluasi akhir.Setting penelitian ini adalah siswa kelas IV pada semester ganjil tahun ajaran 2018/2019 dengan jumlah siswa 18 orang terdiri dari 10 orang laki-laki dan 8 orang perempuan.Alat pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi kegiatan guru, lembar observasi siswa dalam pembelajaran, lembar kerja kelompok, lembar kerja siswa, tes tertulis berupa tes evaluasi secara individu. Teknik analisa data menggunakan interpretasi penskoran berdasarkan hasil observasi dan nilai tes tertulis pada akhir proses pembelajaran.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Pendekatan Contextual Teaching and Learning(CTL), (Numbered Head Together(NHT) dan learning togetherterhadap aktivitas guru dalam pembelajaran memperoleh kriteria penilaian sangat baik, aktivitas siswa telah mengalami perbaikan dengan kriteria penilaian sangat aktif pada saat bekerjasama mengerjakan tugas menunjukkan terjadi interaksi antara siswa di dalam kelompok, siswa dengan siswa dan siswa dengan guru, serta dapat disimpulkan bahwa penggunaan Pendekatan Contextual Teaching and Learning(CTL), (Numbered Head Together(NHT) dan learning togetherdapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV semester 1Struktur Dan Fungsi Bagian Tumbuhan di SDN Desa baru 2 tahun ajaran 2018/2019.

Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa Pendekatan Contextual Teaching and Learning(CTL), (Numbered Head Together(NHT) dan learning together menunjukkan aktivitas guru sangat baik, aktivitas siswa sangat aktif dan meningkatkan hasil belajar dalam Struktur Dan Fungsi Bagian Tumbuhan pada siswa kelas IVSDN Desa baru 2. Saran bagi guru untuk mengembangkan Pendekatan Contextual Teaching and Learning(CTL), (Numbered Head Together(NHT) dan learning togethersebagai salah satu alternatif pilihan dalam rangka meningkatkan proses belajar mengajar disekolah.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI