DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH PERMAINAN TANGKAP BOLA PING PONG TERHADAP KONSENTRASI ANAK HIPERAKTIF
PENGARANG:AMINATUZZUHRIAH D
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-12-07


ABSTRAK

 

 

Aminatuzzuhriah. A1F115003. 2019. Pengaruh Permainan Tangkap Bola Ping Pong Terhadap Konsentrasi Anak Hiperaktif. Skripsi Program Strata-1 Pendidikan Khusus. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin, Dosen Pembimbing I: Wahyu. Dosen Pembimbing II: Hayatun Thaibah.

 

 

Kata Kunci: Bola Ping Pong, Konsentrasi, Anak Hiperaktif.

 

Penelitian ini adalah tentang anak yang mengalami hambatan konsentrasi pada anak hiperaktif. Fakta di lapangan anak hiperaktif dengan hambatan konsentrasi memiliki kurang perhatian dan kurang berkonsentrasi dengan kegiatan atau pelajaran yang anak kerjakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh permainan tangkap bola ping pong terhadap konsentrasi anak hiperaktif.

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif  karena data yang disajikan berupa angka-angka dan analisis menggunakan statistik. Penelitian ini menggunakan metode Single Subject Research (SSR) karena hanya terfokus pada satu subjek saja. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah A-B-A. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fase baseline 1 (A1) adalah 1 menit 58 detik sampai 1 menit 50 detik dan mean level ialah 2 menit 30 detik, pada fase intervensi (B) mengalami peningkatan durasi waktu yang berkisar 1 menit 48 detik  sampai 2 menit 53 detik dan mean level ialah 2 menit 32 detik, kemudian pada fase baseline 2 (A2) konsentrasi anak hiperaktif setelah di intervensi berkisar 2 menit 53 detik sampai 3 menit 60 detik dan mean level ialah 3 menit 18 detik. 

Permainan tangkap bola ping pong pada anak hiperaktif dapat mempengaruhi konsentrasinya. Penelitian ini diharapkan dapat menemukan konsep dan metode bermain yang dapat mempengaruhi konsentrasi anak hiperaktif melalui permainan tangkap bola ping pong terhadap peningkatan kemampuan konsentrasi anak hiperaktif. Penemuan metode bermain berupa permainan tangkap bola ping pong diharapkan dapat memberikan suatu pandangan dan memberikan alternatif pilihan dalam pelaksanaan pebelajaran tentang cara meningkatkan kemampuan konsentrasi anak hiperaktif. 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI