DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS KINERJA PELAKSANAAN TUGAS-TUGAS KONSULTAN MANAJEMEN BBPJN XI BANJARMASIN
PENGARANG:Hasvivaldi Azwardhana
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-12-07


ABSTRAK

 

Seiring dengan kebutuhan akan infrastruktur yang besar terutama di wilayah kerja BBPJN XI Banjarmasin, maka BBPJN XI Banjarmasin perlu melakukan kerjasama dengan Penyedia Jasa Konsultansi dalam bentuk kegiatan layanan Konsultan Manajemen. Walaupun dibantu dengan tersedianya konsultan manajemen, luasnya cakupan wewenang berpotensi untuk membebani kinerja karena volume dan lingkup kegiatan yang semakin meningkat.

Terbatasnya sumber daya yang ada,kendala pelaksanaan semakin banyak, persyaratan semakin luas, ruang gerak semakin terbatasi, permasalahan keterbatasan dana, waktu dan tingkat keprofesionalan pelaksana, masalah mengefektifkan apa yang tersedia, masalah kedisiplinan, tingkat ketelitian, dan berbagai masalah lainnya yang menjadi tantangan yang harus diatasi, diakomodasi, dipertimbangkan, diatur dan diamankan dalam pelaksanaannya.

Selama ini belum ada mekanisme dalam melakukan penilaian (assessment) terhadap kinerja konsultasi tersebut secara sistematis. Untuk itu perlu dilakukan studi lebih jauh mengenai kinerja sumber daya konsultan manajemen BBPJN XI Banjarmasin, untuk memahami pendekatan apa yang dapat ditempuh dalam upaya perbaikan kinerja secara berkelanjutan.

Dari hasil analisis yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa indikator bernilai terendah setiap aspek kinerja tersebut perlu mendapat perhatian karena menunjukkan nilai indeks terendah adalah indikator kemampuan komunikasi dan kordinasi, indikator tanggung jawab pengelolaan dokumen, indikator disiplin kehadiran, dan indikator mengumpulkan masukan.                                                   

Strategi peningkatan kinerja ini berdasarkan pada perbaikan indikator-indikator yang menunjukkan nilai terendah di setiap aspek kinerja adalah dengan menjaga hubungan koordinasi dengan institusi terkait agar tidak terjadi kesalahan dalam komunikasi, memperhatikan susunan dokumen-dokumen pertanggal, bulan dan tahun agar lebih rapi agar mudah dicari, memperhatikan penjadwalan kehadiran di kantor dan di proyek, dan pemanfaatan informasi dari berbagai media-media komunikasi (media sosial) sangat perlu untuk menyediakan pembaharuan informasi secara terus menerus mengenai harga bahan, peralatan, dan upah.

 

Kata Kunci : BBPJN XI Banjarmasin, Konsultan Manajemen, Strategi Peningkatan

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI