DIGITAL LIBRARY



JUDUL:UPAYA MENGEMBANGKAN ASPEK BAHASA (MENYEBUTKAN SIMBOL-SIMBOL HURUF YANG DIKENAL) MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PICTURE AND PICTURE, MAKE A MATCH DAN TALKING STICK PADA ANAK KELOMPOK B DI TAMAN KANAK-KANAK NEGERI PEMBINA TAMBAN KECAMATAN TAMBAN KABUPATEN BARITO KUALA
PENGARANG:MASITOH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-12-08


ABSTRAK

 

Masitoh, 2019. “Upaya Mengembangkan Kemampuan Bahasa (Menyebutkan Simbol-Simbol Huruf Yang Dikenal) Menggunakan Kombinasi Model Picture And Picture, Make A Match Dan Talking Stick Pada Anak Kelompok B Di Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina TambanKecamatan Tamban Kebupaten Barito Kuala” tesis program S2 PG PAUD FKIP Unlam Banjarmasin. Pembimbing (1)Dr. H. Metroyadi, SH, M.Pd  (2) Dr. Hj. Asniwati S.Pd M.Pd

 

Kata kunci: kemampuan bahasa (menyebutkan simbol-simbol huruf yang dikenal), menggunakan kombinasi model picture and picture, make a match dan talking stick.

          Bahasa merupakan alat untuk berkomunikasi.Pada Anak Usia Dini bahasa berfungsi sebagai alat untuk mengembangkan kemampuan intelektual dan kemampuan dasar anak. Pengalaman selama ini menunjukkan bahwa pembelajaran yang diberikan kepada anak usia dini bersifat intelektual saja tanpa memperhatikan perkembangan bahasa anak seperti: indikasi kematangan kemampuan bahasa, kemampuan dalam penyebutan kosa kata yang baru dan kemampuan dalam menambah kosa kata. Padahal seperti yang diketahui bahwa anak yang dapat bicaralah yang dapat dinilai sebagai anak yang pandai. Melalui kegiatan pembelajaran menggunakan kombinasi model picture and picture, make a match dan talking stick ini bertujuan untuk meningkatkan perkembangan bahasa anak kelompok B di Taman Kanak-Kanak negeri Pembina tamban kecamatan tamban kabupaten Barito Kuala.

     Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Setting penelitiannya di Taman kanak-kanak negeri Pembina tamban kecamatan tamban Kabupaten Barito Kuala pada kelompok B dengan jumlah anak 15 orang yang terdiri dari 9 orang perempuan 6 orang anak laki-laki.

      Penggalian data pada penelitian ini adalah: faktor guru, faktor anak, dan factor perkembangan hasil belajar anak. Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan dalam 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan yang dalam setiap pertemuan dilakukan: (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) observasi dan (4) refleksi. Sumber data adalah anak dan guru Taman kanak-kanak Pembina tamban dan cara pengambilan data melalui pengamatan langsung.

      Berdasarkan hasil Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan menunjukkan adanya peningkatan dalam kemampuan bahasa (menyebutkan simbol-simbol huruf yang dikenal) anak dari siklus I sebanyak 2 kali pertemuan dan siklus II sebanyak 2 kali pertemuan menggunakana kombinasi model picture and picture, make a match dan talking stick. Hasil penelitian aktivitas guru siklus I mencapai 59,59% dan pada siklus II mencapai 90,83%, untuk aktivitas anak siklus I mencapai 59,59% dan siklus II mencapai 90,89% dan ketuntasan hasil belajar pada siklus I mencapai  33,33% dan pada siklus II mencapai 100%.

          Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa menggunakan kombinasi model picture and picture, make a match dan talking stick dapat meningkatkan kemampuan bahasa pada anak kelompok B Taman kanak-kanak Pembina tamban kecamatan tamban. Dengan demikian disarankan pada guru untuk memilih alternatif kegiatan menggunakan kombinasi model picture and picture, make a match dan talking stick dalam pelaksanaan pembelajaran sebagai salah satu kegiatan yang dapat meningkatkan kemampuan bahasa anak.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI