DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KINERJA KEPALA DESA DALAM PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR JALAN DESA BATUAH KECAMATAN BASARANG KABUPATEN KAPUAS
PENGARANG:Dewi Permata Sari
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-12-09


ABSTRAK

 

Dewi Permata Sari, D1B113242, 2019, Kinerja Kepala Desa Dalam Pembangunan Infrastruktur Jalan Desa Batuah Kecamatan Basarang Kabupaten Kapuas. Dibawah bimbingan Drs. H. Saifudin, M.Hum. selaku pembimbing I dan Gazali Rahman, S.Sos, M.Si. pembimbing II.

 

                   Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kinerja Kepala Desa dalam Pembangunan Infrastruktur Jalan Desa Batuah Kecamatan Basarang Kabupaten Kapuas. Pemilihan lokasi ini dikarenakan adanya permasalahan yaitu pembangunan infrastruktur jalan desa yang dinilai masih belum maksimal. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dan dianalisis menggunakan pendekatan kualitatif. Informan penelitian ialah Aparat Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Kapuas, Aparat Kecamatan, Aparat Desa, Kepala Desa, dan masyarakat. Penelitian ini menggunakan teori Sedarmayanti (2010) yang terdiri dari Prestasi Kerja, Keahlian, Perilaku, dan Kepemimpinan.

 

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kinerja Kepala Desa dalam Pembangunan Infrastruktur Jalan Desa di Desa Batuah belum memuaskan, dilihat dari indikator kerja, yaitu prestasi kerja kepala desa dalam hal pembangunan infrastruktur hasilnya kurang optimal karena hasil pembangunan infrastruktur berupa jalan dan jembatan box kurang kokoh yang berakibat jalan dan jembatan menjadi cepat rusak. Keahlian, kepala desa cukup baik dalam hal bekerjasama dan berkomunikasi dengan masyarakat, namun kepala desa sudah baik dalam hal inisiatif yaitu untuk melakukan pembangunan infrastruktur desa di Batuah yang dianggap perlu. Perilaku, dalam hal disiplin, kejujuran dan tanggung jawab, kepala desa masih kurang disiplin karena belum tuntasnya perbaikan pembangunan jalan dan jembatan, mengenai kejujuran kepala desa masih kurang baik karena tidak adanya pemasangan papan proyek yang sedang dijalankan, dan mengenai tanggung jawab kepala desa masih kurang yaitu dalam hal transparansi APBDes. Kepemimpinan kepala desadalam hal pembangunan infrastruktur Desa Batuah menurut masyarakat masih belum optimal karena pembangunan infrastruktur jalan desa lebih mengutamakan pembangunan jalan menuju arah rumah kepala desa, sedangkan menurut aparatur kecamatan sudah cukup optimal karena kepala desa dalam melaksanakan pembangunan infrastruktur melibatkan masyarakat dan tidak ada yang namanya mementingkan kepentingan sendiri.

 

Kepada kepala desa Batuah dalam hal pembangunan infrastruktur jalan desa perlu memberikan keterbukaan pembangunan infrastruktur jalan desa dari dana yang didapatkan, memasang papan informasi proyek yang sedang dijalankan, lebih bertanggungjawab dan terbuka dalam hal pembangunan jalan desa, mampu meningkatkan kinerja kepala desa dalam penyelenggaraan pembangunan infrastruktur jalan desa serta diharapkan mampu mempermudah masyarakat dalam melakukan kegiatan sehari-hari.

 

 

Kata Kunci : Kinerja, Kepala Desa, Pembangunan Infrastruktur

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI