DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN KEMAMPUAN BINA DIRI DALAM MENGENAKAN PAKAIAN BERKANCING MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO SIMULASI PADA ANAK TUNAGRAHITA SEDANG DI SLB PLUS MADANA DUN YA BANJARMASIN
PENGARANG:NOR ASNINA YULIDA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-12-09


ABSTRAK

                                                                      

Nor Asnina Yulida. 2019. Meningkatkan Kemampuan Bina Diri Dalam Mengenakan Pakaian Berkancing Menggunakan Media Video Simulasi Pada Anak Tunagrahita Sedang Di SLB Plus Madana Dun Ya Banjarmasin Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing I: Dr.Chairil Faif Pasani, M.Si dan Pembimbing II: Eviani Damastuti,M.Pd.

Permasalahan yang didapatkan pada anak tunagrahita sedang ini adalah anak sulit dalam mengenakan pakaian berkancing. Tujuan penelitian ini untuk meningakatkan mengenakan pakaian berkancing bagaimana cara mengenakan pakaian berkancing. Pendekatan yang digunakan yaitu menggunakan pendekatan kuantitatif memakai suatu instrumen penelitian, dimana dalam proses penelitian untuk mendapatkan data berupa angka dengan menggunakan media video simulasi. Desaian yang dipakai juga memakai desain A1-B-A2 karena dengan adanya pengukuran kondisi baseline yang kedua maka peneliti telah melakukan kontrol untuk fase intervensi sehingga memungkinkan untuk menarik kesimpulan adanya hubungan fungsional.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi langsung mengamati perilaku anak dalam mengenakan pakaian berkancing. Hasil penelitian mengenakan pakaian berkancing untuk anak tuna grahita sedang dinyatakan berhasil setelah anak diberikan suatu media video simulasi bina diri anak tunagrahita sedang meningkat anak sudah dapat mengenakan pakaian berkancing sendiri atau mandiri tanpa dibantu oleh orang lain hal ini dapat dibuktikan dalam hasil perolehan data yang didapatkan yaitu Baseline (A1)  99,9%, Intervensi (B) 380,6% dan Baseline (A2) 285,6%. Berdasarkan penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa permasalahan yang terjadi anak tidak dapat mengenakan pakaian berkancing sehingga anak diberikan media video simulasi dan terjadilah perubahan anak setelahnya dapat mengenakan pakaian berkancing, dalam penelitian ini menggunakan mitode kuantitatif, desainnya menggunakan A1-B-A2 dan juga teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik observasi.

 

 

 

 

 

Kata Kunci: Mengenakan pakaian, Tunagrahita

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI