DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERAN DINAS PARIWISATA, PEMUDA DAN OLAHRAGA DI KABPATEN MURUN RAYA DALAM PENGEMBANGAN PARIWISATA
PENGARANG:AHMAD JAYADI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-12-09


ABSTRAK

Ahmad Jayadi, D1B115047: Peran Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Di Kabupaten Murung Raya Dalam Pengembangan Pariwisatadengan bapak Dr.H. Samahuddin M.,M.Si selaku Pembimbing I saya dan bapak Drs.Abdurrahman, M.Si selaku pembimbing II saya.

          Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menggambarkan serta mendeskripsikan mengenai peran pemerintah dalam hal ini adalah Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga dalam pengembangan pariwisata di Kabupaten Murung Raya yang masih banyak mengalami kendala. Peneliti menggunakan konsep peran dari Sedarmayanti.

          Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dan yang menjadi key informan peneliti adalah Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Murung Raya dan dua orang Staf bagian promosi pariwisata. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data tersebut kemudian dianalisis dengan menggunakan pendekatan kualitatif, adapun yang menjadi fokus peneliti adalah Peran Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga dalam pengembangan pariwisata di Kabupaten Murung Raya.

          Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Peran Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Murung Raya dapat dikatakan cukup terlaksana. Hal ini dapat dilihat bahwa sudah ada upaya yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga dalam pengembangan pariwisata salah satunya promosi melalui media sosial maupun melalui event-event yang ada diharapkan mampu menarik perhatian para wisatawann untuk menjadikan Kabupaten Murung Raya sebagai tujuan wisata. Sebagai pendukung Peran Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga di Kabupaten Murung Raya yaitu wisata alamnya masih asli merupakan salah satu daya dukung pengembangan pariwisata yang ada. Dalam hal ini mungkin hambatan yang mempengaruhi pengembangan pariwisata di Kabupaten Murung   Raya adalah, keterbatasan dana dan kurangnya fasilitas di objek wisata dan infrastruktur jalan yang sulit dilewati.

          Adapun saran yang dapat di berikan dalam penelitian ini ialah Pengembangan pariwisata khususnya   yang ada di Kabupaten Murung Raya harus mendapat perhatian khusus dari pemerintah daerah. Intensitas sosialisasi dan pelatihan mengenai kepariwisataan perlu ditingkatkan agar semakin banyak masyarakat yang sadar akan pentingnya pariwisata dan memiliki kemampuan untuk melihat serta mengelola potensi wisata ekonomi di daerahnya.

.

Kata kunci : Peran, Pengembangan, Pariwisata

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI