DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MATERI SUMBER DAYA ALAM MELALUI MODEL INKUIRI DI KOMBINASIKAN DENGAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) PADA SISWA KELAS IV SDN PODOK 2 KECAMATAN ALUH-ALUH KABUPATEN BANJAR
PENGARANG:H.ANANG.D
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-12-10


ABSTRAK

H. Anang. D. 2019. MeningkatkanHasilBelajar IPS MateriSumberDayaAlamMelalui Model Inkuiri di KombinasikanDengan Numbered Heads Together (NHT) PadaSiswaKelas IV SDN Podok 2KabupatenBanjar. Skripsi Program StudiPendidikan Guru SekolahDasarUniversitas LambungMangkurat Banjarmasin.Pembimbing : Dr. H. Ahmad MuhyaniRizalie, M.Si

Kata Kunci :HasilBelajar, Inkuiri, Numbered Heads Together (NHT)

Permasalahandalampenelitianiniadalahrendahnyahasilbelajarsiswapadapembelajaran IPS materisumberdayaalampadasiswakelas IV SDN Podok 2KabupatenBanjar.Rendahnya hasil belajar siswa disebabkan oleh pembelajaran yang cenderung membosankan dan kurang menarik minat parasiswa sehingga pada akhirnya berpengaruh pada hasil belajar siswa. Sehingga pada penelitian ini salah satu upaya meningkatkan hasil belajar siswa yaitu melalui kombinasi model pembelajaran Inkuiri  dan Numbered Heads Together (NHT).Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas aktivitas guru, aktivitas siswa dan untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan empat siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Podok 2 dengan jumlah siswa 16 orang. Data yang diambil merupakan data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh melalui tes tertulis secara berkelompok dan individu. Data kuantitatif diperoleh melalui observasi aktivitas guru dan siswa. Analisis data dilakukan dengan teknik deskriptif kualitatif yang dijabarkan dengan tabulasi dan grafik. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah (1) Aktivitas guru dikatakan berhasil dengan kriteria sangat baik; (2) aktivitas siswa secara individu dengan kriteria ≥81 dan klasikal 81% aktif dan sangat aktif, dan (3) hasil belajar dikatakan berhasil jika secara individual siswa mencapai ≥76.

Hasil pertemuan ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada siklus I mencapai kriteria “Baik”, siklus II mencapai kriteria “Baik”, siklus III mencapai kriteria “sangat baik”, dan siklus IV mencapai kriteria “Sangat Baik”. Aktivitassiswasecara rata-rata padasiklus I mencapaikriteriaaktif, siklus II mendapatcriteriaaktif, siklus III mencapaicriteriaaktif, dansiklus IV mencapaikriteria “SangatAktif”. Sedangkanketuntasansiswasecaraklasikalpadasiklus I mencapaikriteria “SebagianAktif”, padasiklus II mencapaikriteriaCukupbesarAktif”, padasiklus III mencapaikriteriaCukupBesarAktif”, padasiklus IV mencapaikriteria “HampirSeluruhnyaAktif”. Ketuntasanhasilbelajarsiswapadasiklus I mencapai 53,32%, siklus II mencapai 60,52%, siklus III mencapai 75,66%, dansiklus IV mencapai 86.09%.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI