DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH PENERAPAN MEDIA LAGU ANAK – ANAK TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INDONESIA PADA ANAK KETERLAMBATAN BICARA
PENGARANG:WIWI PURWATI
PENERBIT:FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
TANGGAL:2018-01-19


Kata Kunci : Media lagu anak – anak, Penguasaan Kosakata, Keterlambatan
Bicara
Permasalahan yang akan diteliti yaitu masih sedikitnya kosakata Bahasa
Indonesia yang dimiliki. Hal ini membuat anak menjadi keterlambatan dalam
bicara. Berbicara sendiri merupakan suatu kegiatan yang tidak dapat dipisahkan
karena alat komunikasi dalam hal menyampaikan informasi. Tujuan penelitian ini
yaitu untuk mengetahui peningkatan kosakata pada anak keterlambatann bicara
dengan menggunakan media lagu anak – anak dan pengaruh yang didapat dengan
menggunakan media lagu anak – anak terhadap anak keterlambatan bicara.
Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan penelitian
eksperimental quasi dalam bentuk
Single Subject Research (SSR) dengan
menggunakan desain A-B-A. Media pembelajaran yang digunakan dalam
penelitian ini adalah lagu anak – anak. Jumlah subjek yang diteliti adalah satu
yang orang anak yang mengalami keterlambatan bicara. Hasil penelitian
menunjukkan adanya peningkatan terhadap penguasaan kosakata anak
keterlambatan bicara. Hasil peningkatan dalam penguasaan kosakata pada
baseline 1 (A1) yaitu 27%, 27%, 27%, intervensi (B) yaitu 28%, 35%, 37%, 40%,
42%, 44%, 47% dan baseline 2 (A2) yaitu 61%, 64%, 67%, 76%.
Kesimpulan yang dapat diambil dalam penelitian ini adalah penggunaan
media lagu anak - anak dapat meningkatkan penguasaaan kosakata Bahasa
Indonesia anak keterlambatan bicara. Berlatihlah dalam menambah kosakata agar
memudahkan dalam pembelajaran yang baik dilingkungan rumah, sekolah dan
masyarakat.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI