DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN TENTANG MAKNA SUMPAH PEMUDA MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL MIND MAPPING DAN TALKING STICK PADA SISWA KELAS III SDN PEMATANG BARU KABUPATEN BANJAR
PENGARANG:HAMSANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-12-10


ABSTRAK

 

Hamsani . 2018. Meningkatkan Hasil Belajar PKNtentangMakna Sumpah Pemuda Menggunakan Kombinasi Model Mind Mapping dan Talking Stick Pada Siswa Kelas III SDN Pematang Baru Kab. Banjar. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Unlam, Pembimbing Dr. Hj. Asniwati, S.Pd, M.Pd 

 

Kata Kunci: Hasil Belajar tentang Makna Sumpah Pemuda, Model Pembelajaran  Mind Mapping Kombinasi Talking Stick.

 

Masalah yang dihadapi di SDN Pematang Baru Kab. Banjar, pada mata pelajaran PKN kelas III semester I tentang Makna Sumpah Pemuda kurangnya minat siswa dalam mengikuti materi pembelajaran disebabkan pembelajaran yang dilakukan belum melibatkan siswa secara aktif sehingga pelajaran yang diterimanya kurang bermakna.Jadi, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar PKN siswa kelas III  SDN Pematang Baru Kab. Banjar pada semester I tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas, dengan setting penelitian adalah guru dan siswa kelas III  yang berjumlah 24 orang.

Penelitian dengan model pembelajaran Mind Mapping Kombinasi Talking Stick ini dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus ada dua kali pertemuan, setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu (1) persiapan/perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis data kualitatif (hasil belajar siswa), dan data kuantitatif (aktivitas siswa dan guru).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Mind Mapping Kombinasi Talking Stick dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran PKN pada materi Makna Sumpah Pemuda, hal ini dilihat dari hasil belajar pada siklus I pertemuan 1 nilai rata-rata siswa 44,87dengan ketuntasan klasikal 56,25% dengan ketuntasan klasikal 94% pada siklus II pertemuan 2. Penerapan model pembelajaran Mind Mapping Kombinasi Talking Stick dapat meningkatkan aktivitas guru dan siswa.

Berdasarkan hasil temuan dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa. Untuk itu disarankan dan diharapkan agar guru-guru dapat menggunakan model pembelajaran Mind Mapping Kombinasi Talking Stick dalam pembelajaran PKN di Sekolah Dasar sebagai upaya menciptakan perbaikan dan peningkatan mutu maupun kualitas pembelajaran di Sekolah Dasar.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI