DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TENTANG KENAMPAKAN ALAM DAN BUATAN SERTA PEMBAGIAN WAKTU DI INDONESIA MATA PELAJARAN IPS MELALUI KOMBINASI MODEL TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DENGAN TEBAK KATA DI KELAS V SDN ALUH – ALUH BESAR 1
PENGARANG:HAJARIAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-12-10


ABSTRAK

Hajariah, 2019. “Meningkatkan Hasil Belajar tentang Kenampakan Alam Dan Buatan Serta Pembagian Waktu Di Indonesia Mata Pelajaran IPS Melalui Kombinasi Model Team Assisted Individualization (TAI) dengan Tebak Kata Di Kelas V SDN Aluh – Aluh Besar 1”. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin, Tahun Akademik 2018/2019. Pembimbing  : Drs. Radiansyah, M.Pd

Kata Kunci  : Hasil Belajar, KombinasiTeam Assisted Individualization dengan

  Tebak Kata, Kenampakan Alam Dan Buatan Serta Pembagian Waktu Di Indonesia.

Permasalahan pada penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa dan masih menggunakan metode ceramah dan pemberian tugas serta kurangnya inovasi guru untuk meningkatkan minat belajar siswa sehingga keaktifan siswa dalam mengikuti pelajaran masih belum nampak yang mengakibatkan hasil belajar dibawah KKM yaitu 68.Oleh sebab itu, perlu dilakukan inovasi pembelajaran melalui kombinasi model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) dengan tebak kata dengan tujuan untuk mengetahui aktivitas guru dan aktivitas siswa serta hasil belajar siswa pada materi Kenampakan Alam Dan Buatan Serta Pembagian Waktu Di Indonesia di kelas V SDN Aluh – Aluh Besar 1.

Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK).Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan dua kali pertemuan.Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi.Penelitian dilaksanakan di kelas V SDN Aluh – Aluh Besar 1yang berjumlah 34 orang siswa.Pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan tes tertulis.Data dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif, dengan indikator keberhasilan yaitu aktivitas guru dan aktivitas siswa serta tercapainya ketuntasan belajar individual dan klasikal.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI