DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERENCANAAN SISTEM INFORMASI ADMINISTRASI PEMAKAI BARANG MILIK DAERAH (SIAPDA) DI BADAN PENGELOLAAN PAJAK DAN RETRIBUSI DAERAH KABUPATEN BARITO KUALA
PENGARANG:MISTRIANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-12-11


 

ABSTRAK

Mistriani, 2019 “Perencanaan Sistem Informasi  Administrasi Pemakai Barang Milik Daerah (SIAPDA) pada Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah Kabupaten Barito Kuala”, dibawah bimbingan Sugeng Karyadi.

 

Tujuan utama yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah Untuk mengetahui (1) Perencanaan Sistem Informasi Administrasi Pemakai Barang Milik Daerah (SIAPDA) di Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah Kabupaten Barito Kuala, (2) Kendala dalam penerapan program aplikasi Sistem Informasi Administrasi Pemakai Barang Milik Daerah (SIAPDA).

 

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Terdapat 3 subjek penelitian yang dipilih yakni Kepala BP2RD, Petugas Penyelenggara SIAPDA, serta si Penerima Manfaat SIAPDA. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan model analisis Miles and Huberman.

              Berdasarkan hasil penelitian ini diketahui bahwa (1)  perencanaan Sistem Informasi Administrasi Pemakai Barang Milik Daerah (SIAPDA) di Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah Kabupaten Barito Kuala, dapat dikatakan berjalan dengan “baik”. Hal ini terlihat sesuai dengan Teori Perencanaan Administrasi Barang Milik Daerah dari Sondang P Siagian dan George R. Terry. (2) kendala-kendala dalam penerapan program aplikasi SIAPDA meliputi Kurangnya kualitas SDM, Kurangnya kemauan/kesadaran untuk mengadministrasikan, dan resiko yang akan dihadapi yaitu; Lemahnya jaringan internet di Kabupaten Barito Kuala, Seringnya pemadaman jaringan listrik di Kabupaten Barito Kuala, Potensi terkena virus yang bisa merusak apliaksi SIAPDA, dan Potensi terkena hacker.

 

Kata kunci : Perencanaan SIAPDA, Kendala SIAPDA

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI