DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PENGUNGUMAN MENGGUNAKAN MODEL THINK-TALK-WRITE DI KOMBINASIKAN DENGAN MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION DAN MODEL TALKING STICK PADA SISWA KELAS IV SDN TAMBAK RAYA MARTAPURA
PENGARANG:ST.NOR AMIDA RAHMATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-12-26


ABSTRAK

Rahmati, St.Nor Amida. 2019. Meningkatkan Keterampilan Membaca Pengunguman menggunakan Model Think-Talk-Write dikombinasikan dengan Model Cooperative Integrated Reading and Composition dan Model Talking Stick.Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Prof.Drs. H. Rustam Effendi, M.Pd.Ph.D

 Permasalahan dalam penelitian ini adalah Siswa tidak bersemangat dalam pembelajaran, siswa tidak serius dalam mengikuti pembelajaran sehingga menjadi pasif, keterampilan berbicara siswa masih kurang sehingga siswa belum bisa mengemukakan suatu pengumuman, Siswa masih belum bisa dalam membaca pengumuman, masih banyak siswa yang belum bisa memahami tentang ejaan yang disempurnakan (EYD) misalnya penggunaan huruf kapital, tanda titik koma, penggunaan paragraph dan lain-lain sehingga siswa sulit untuk membaca pengunguman, saat pembelajaran bahasa Indonesia berlangsung, masih banyak siswa yang menggunakan bahasa daerah sehari-hari sehingga siswa kurang terampil dalam menggunakan kata-kata untuk membacakan suatu pengunguman. Usaha yang dilakukan dalam mengatasi masalah tersebut adalah dengan melalukan PTK dengan menerapkan Model Think-Talk-Write dikombinasikan dengan model Cooperative Integrated Reading and Composition dan model Talking Stick, dengan tujuan meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa, keterampilan membaca pengunguman dan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga pertemuan pertemuan dengan setting penelitian dikelas IV SDN Tmbak RayaMartapura dengan jumlah siswa 15 orang terdiri dari 11 orang laki-laki dan 4 orang perempuan pada semester genap tahun pelajaran 2018/2019. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari lembar observasi aktivitas guru dan lembar observasi aktivitas siswa dalam proses pembelajaran sedangkan data kuantitatif diperoleh dari hasil belajar siswa. Adapun indicator keberhasilan PTK ini adalah siswa dapat mencapai ketuntasan belajar siswa secara individu ≥70 dan dapat mencapai kategori “Sangat Baik” dan aktivitas siswa mencapai kategori “Sangat Aktif”

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Model Think-Talk-Write dikombinasikan dengan model Cooperative Integrated Reading and Composition dan model Talking Stick dapat menunjukkan bahwa aktivitas guru terlaksana dengan kategori sangat baik. Hasil aktivitas siswa mengalami peningkatan dengan kategori sangat aktif. Jadi dapat dinyatakan untuk aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa mencapai indikator keberhasilan.

Kata Kunci : Hasil Belajar, Keterampilan Membaca Pengunguman, ModelModel Think-Talk-Write (TTW) Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC), Talking Stick.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI