DIGITAL LIBRARY



JUDUL:IMPLIKASI KEBIJAKAN PENETAPAN JALUR HIJAU PADA PEMUKIMAN PENDUDUK DI SEPANJANG SUNGAI KUIN KECAMATAN BANJARMASIN UTARA
PENGARANG:MIFTAHUL HUDA KHAIRILINA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-12-11


ABSTRAK

Miftahul Huda Khairilina, 2019 Implikasi Penetapan Kebijakan Jalur Hijau Pada Pemukiman Penduduk di Sepanjang Sungai Kuin Kecamatan Banjarmasin Utara. Skripsi Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan, Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial FKIP Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing (I) Zainul Akhyar, (II) Mariatul Kiptiah.

Kata Kunci: Implikasi, kebijakan, jalur hijau.

Kuin Utara adalah tipe permukiman yang berada di sepanjang aliran sungai (waterfront village) yang memiliki daya tarik tersendiri oleh wisatawan, baik berupa wisata alam, maupun wisata budaya. Aktivitas masyarakat sekitar berhubungan dengan perairan dan kehidupan sungai sehingga banyak rumah dibangun di sepanjang sungai kuin. Kehidupan masyarakatnya erat dengan kehidupan sungai, masyarakat lebuh suka menggunakan air sungai untuk mandi dibandingkan menggunakan air PDAM. Selain itu masyarakat juga menggunakan sungai untuk menunjang usaha perekonomian mereka.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implikasi sosial, implikasi ekonomi dan implikasi yuridis dari kebijakan penetapan jakur hijau pada pemukiman penduduk disepanjang sungai kuin.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif.Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengujian keabsahan data dilakukan dengan cara perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, dan triangulasi sumber.

 

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implikasi sosial dari kebijakan penetapan jalur hijau pada penduduk disepanjang sungai kuin yaitu mereka harus meninggalkan tempat tinggal yang diberikan secara turun-temurun sehingga menimbulkan rasa resah dalam kehidupan masyarakat dan mencari tempat yang strategis untuk menunjang perekonomian masyarakat, pemahaman masyarakat terhadap hukum harus lebih diperdalam agar tidak terjadi penyimpangan atau pandangan yang buruk terhadap hukum.

 

Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disarankan bagi instansi pemerintahan terkait dapat memberikan pemahaman masyarakat tentang peraturan yang telah ditetapkan dan memperketat pengawasan terhadap bangunan dibantaran sungai agar tidak bertambah.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI