DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DALAM OPERASI PERKALIAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) KOMBINASI LEARNING TOGETHER (LT) DI KELAS IV SDN BELIMBING LAMA 3 KABUPATEN BANJAR.
PENGARANG:DENI SETIAWAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-12-11


ABSTRAK

    Deni setiawan.2018. Meningkatkan Hasil Belajar Matematika dalam Operasi Perkalian Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Asisted Individualization (TAI) kombinasi  Learning Together Di Kelas IV SDN Belimbing Lama 3. Penelitian Tindakan Kelas Program S1 PGSD FKIP UNLAM. Pembimbing Drs. Sutiyarso , S.Pd, M.Pd.

 

Kata Kunci: Hasil Belajar, Operasi Perkalian, Model Kooperatif  Tipe TAI kombinasi LT.

 

Permasalahan dalam penelitian ini adalah pada kegiatan pembelajaran banyak siswa mengalami kondisi di mana mereka mengalami penurunan belajar yang di sebabkan kurang menariknya materi yang di sampaikan oleh guru sehingga banyak siswa yang tidak mampu menguasai pelajaran tersebut, tidak hanya pada sub bab selanjutnya tetapi juga pada saat mereka menduduki pendidikan selanjutnya. Akibatkan  siswa kesulitan dalam memahami pembelajaran , hal ini berdampak pada hasil nilai siswa yang berada di bawah KKM yang telah di tetapkan yaitu 70. Untuk mengatasi hal tersebut guru mencoba 

menerapkan metode pembelajaran kooperatipTeam Asisted Individualization (TAI) 

Kombinasi Learning Together (LT) , penelitian ini digunakan untuk mengetahui aktivitas 

guru , ativitas siswa dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Belimbing Lama 3 Kecamatan 

Sungai Pinang Kabupaten Banjar.

Metode  yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas.penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Adapun setting penelitian adalah siswa kelas IV SDN Belimbing Lama 3 Kabupaten Banjar tahun ajaran 2018/2019, dengan jumlah siswa 12 orang yaitu terdiri dari 2 orang siswa laki-laki dan 10 orang siswa perempuan. Data kuantitatif di peroleh dari instrumen penelitian berupa lembar observasi aktivitas guru dengan indikator kreteria sanagat bagus dan aktivitas siswa dengan indikator 90,41 (sangat aktif). Data kuantitatif di peroleh melelui hasil tes akhir menggunakan soal tertulis secara individu dan klasikal. Analilis inidi hitung berdasarkan  persentase dan indikator ketuntasan belajar individual dan klasikal. Analisis ini di laksanakan pada siswa kelas IV SDN Belimbing Lama 3 Kabupaten Banjar , berdasarkan ketuntasan indikator ketuntasan individual mencapai ≥70 dan klasikal 85% dari siswa mencapai ketuntasan individual . Dari hasil penelitian membuktikan bahwa penggunaan model pembelajaran  dengan media Matrik Perkalian pada aktivitas guru dapat di katakan berhasil dengan kategori sangat baik , pada aktivitas siswa dinyatakan berhasil dengan kreteria sangat aktif dan ketuntasan secara klasikal juga dinyatakan berhasil.

Kami sangat mengharapkan kepada guru untuk menjadikan hasil penelitian ini sebagai salah satu model pembelajaran yang dapat di terapkan dalam pembelajaran untuk membantu dan mencapai hasil yang lebih baik .

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI