DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA MADRASAH DAN PERAN KOMITE MADRASAH TERHADAP AKREDITASI MADRASAH DI MIS SE-KECAMATAN BANJARMASIN TENGAH
PENGARANG:Zamaluddin
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-12-13


Zamaluddin. 2019. Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Kepala Madrasah dan Peran Komite Madrasah terhadap Akreditasi Madrasah di Madrasah Ibtidaiyah  se-Kecamatan Banjarmasin Tengah.Pembimbing: (I) Dr. H. Metroyadi, SH., M.Pd., (II) Prof. Drs. H. Rustam Effendi, M.Pd., Ph.D.

 

Kata Kunci: Kepemimpinan Transformasional, Peran Komite, Akreditasi Madrasah.

 

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan: (1) ada tidaknya pengaruh kepemimpinan transformasional terhadap Akreditasi Madrasah di MIS se-Kecamatan Banjarmasin Tengah. (2) ada tidaknya pengaruh peran komite madrasah terhadap Akreditasi Madrasah di MIS se-Kecamatan Banjarmasin Tengah, (3) ada tidaknya pengaruh kepemimpinan transformasional kepala madrasah dan peran komite madrasah secara bersama-sama terhadap Akreditasi Madrasah di MIS se-Kecamatan Banjarmasin Tengah.

Populasi penelitian adalah seluruh guru tetap yaitu guru yang berstatus PNS pada MIS se-Kecamatan Banjarmasin Tengah dengan jumlah  populasi 81 orang guru. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan studi dokumentasi. Kuesioner yang digunakan yaitu kepemimpinan transformasional dan peran komite madrasah sedangkan akreditasi madrasah menggunakan dokumen hasil proses penilaian secara komprehensif terhadap kelayakan dan kinerja satuan dan/atau program pendidikan, yang dilakukan sebagai bentuk akuntabilitas publik yaitu Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BAN-S/M) Provinsi Kalimantan Selatan. Kuesioner telah diuji validitas dan reliabilitas menggunakan korelasi product moment dan koefisien Alpha dari Cronbach. Untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan transformasional kepala madrasah dan peran komite madrasah secara bersama-sama terhadap Akreditasi Madrasah di MIS se-Kecamatan Banjarmasin Tengah dilakukan analisis secara korelasional sederhana dan korelasi berganda menggunakan korelasi product moment pearson, untuk mengetahui signifikansi hubungan dilakukan dengan uji-F.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat Pengaruh yang signifikan dari Kepemimpinan Transformasional Kepala Madrasah terhadap Akreditasi Madrasah di MI Swasta se-Kecamatan Banjarmasin Tengah,. (2) Tidak terdapat Pengaruh yang signifikan dari Peran Komite Madrasah terhadap Akreditasi Madrasah Swasta se-Kecamatan Banjarmasin Tengah,(3) Tidak terdapat Pengaruh yang signifikan secara bersama-sama antara Kepemimpinan Transformasional Kepala Madrasah  dan Peran Komite Madrasah terhadap Akreditasi Madrasah di MI Swasta se-Kecamatan Banjarmasin Tengah.

 
 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI