DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Reduplikasi dalam Valensi Sintaksis Bahasa Bugis di Pagatan
PENGARANG:HAJRAH WATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-12-13


ABSTRAK

Wati, Hajrah. 2019. Reduplikasi dalam Valensi Sintaksis Bahasa Bugis di Pagatan. Tesis, Program Studi Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: (I) Dr. M. Rafiek, M. Pd,  (II) Dr. Rusma Noortyani, M. Pd.

Kata kunci: reduplikasi, valensi sintaksis

Reduplikasi tidak hanya terdapat dalam bahasa Indonesia, melainkan juga bahasa daerah, tak terkecuali dalam bahasa Bugis. Valensis sintaksis adalah hubungan kata kerja dengan unsur lainnya dalam tataran sintaksis. Penggunaan valensi dalam bentuk perulangan bahasa Bugis dapat dilihat dari hasil wawancara penulis dengan para informan. Penelitian ini bertujuan mengetahui bentuk dan makna reduplikasi bahasa Bugis, serta reduplikasi dalam valensi sintaksis bahasa Bugis di Pagatan.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian analisis wacana dan metode deskriptif analisis. Seluruh kata reduplikasi merupakan data yang didapatkan dari hasil wawancara lima orang informan bersuku Bugis dan berdomisili di wilayah Pagatan. Pengumpulan data melalui teknik wawancara ini menggunakan metode cakap teknik pancing, catat dan rekam. Instrumen dalam penelitian ini berupa teks wawancara.

Berdasarkan hasil penelitian di lapangan ditemukan bentuk dan makna reduplikasi bahasa Bugis, serta valensi sintaksis dalam bahasa Bugis berdasarkan fungsi, kategori, dan peran. Bentuk-bentuk reduplikasi bahasa Bugis di Pagatan anatara lain bentuk reduplikasi seluruhnya, reduplikasi sebagian dan reduplikasi berimbuhan. Bentuk-bentuk reduplikasi ini terbentuk dari kata kerja, kata benda, kata sifat serta kata nominal. Reduplikasi seluruhnya terbentuk dari kata kerja, serta kata sifat. Reduplikasi sebagian terbentuk dari kata kerja, kata sifat serta kata nominal. Reduplikasi  berimbuhan terbentuk dari kata kerja dan kata benda.Makna Reduplikasi Bahasa Bugis di Pagatan terdapat tiga bentuk perulangan Bahasa Bugis di Pagatan yang berfungsi sebagai subjek, predikat, dan objek dalam kalimat. Verba-verba dalam kalimat ini ada yang bervalensi dua dan bervalensi tiga.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI