DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah, Komitmen Kerja Guru dan Semangat Kerja Guru terhadap Kinerja Guru SMP di Kota Banjarbaru
PENGARANG:JUAINI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-12-13


Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan gaya kepemimpinan kepala sekolah, komitmen kerja guru, semangat kerja guru, dan kinerja guru SMP di Kota Banjarbaru. Selain itu juga untuk menganalisis pengaruh langsung gaya kepemimpinan kepala sekolah dan komitmen kerja guru terhadap semangat kerja guru SMP di Kota Banjarbaru, pengaruh langsung gaya kepemimpinan kepala sekolah, semangat kerja guru, dan komitmen kerja guru terhadap kinerja guru SMP di Kota Banjarbaru. Pengaruh tidak langsung dari gaya kepemimpinan kepala sekolah, dan komitmen kerja guru melalui semangat kerja guru terhadap kinerja guru SMP di Kota Banjarbaru.

Penelitian ini merupakan deskriptif korelasional dengan pendekatan kuantitatif, karena data penelitian dikumpulkan dalam bentuk angka-angka dan bermaksud untuk menguji hipotesis tertentu. Sampel ditetapkan melalui langkah-langkah yakni menetapkan dengan teknik Proporsional Random Sampling dari masing-masing anggota sub populasi berdasarkan jumlah sekolah yang diteliti, sehingga didapatkan jumlah sampel guru untuk diteliti sebanyak 225 oarang.

Hasil penelitian menunjukan:Gaya kepemimpinan kepala sekolah, Komitmen kerja guru dan semangat kerja guru punya keterikatan yang sangat kuat dalam meningkatkan kinerja guru SMP di kota Banjarbaru Terdapat pengaruh langsung yang signifikan gaya kepemimpinan kepala sekolah, komitmen kerja guru terhadap semangat kerja guru SMP di Kota Banjarbaru. Terdapat pengaruh langsung yang signifikan semangat kerja guru, gaya kepemimpinan kepala sekolah, dan komitmen kerja guru terhadap kinerja guru SMP di Kota Banjarbaru. Terdapat pengaruh tidak langsung yang signifikan gaya kepemimpinan kepala sekolah dan komitmen kerja guru melalui semangat kerja guru terhadap kinerja guru SMP di Kota Banjarbaru.

Bagi kepala sekolah, diharapkan dapat memahami tentang tipe-tipe kepemimpinan yang baik, dan selanjutnya dapat diterapkan di lingkungan sekolah agar dapat memberikan contoh dan dukungan bagi para guru agar memiliki semangat kerja dan komitmen kerja yang tinggi dalam mencapai kinerja yang lebih baik lagi.

Bagi guru, diharapkan dapat meningkatkan kinerjanya dengan memahami tahapan persiapan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran yang efektif dan efisien, serta proses pelaksanaan penilaian pembelajaran, sehingga visi dan misi sekolah sebagai lembaga pendidikan dapat tercapai dengan baik pula.

Bagi peneliti berikutnya, diharapkan dapat mengembangkan model penelitian dengan mengemukakan variabel-variabel yang telah dikemukakan dalam penelitian ini, yaitu dengan teknik analisis yang lebih akurat mendalam secara statistik maupun deskriptif, dengan tujuan untuk memperluas dan memperdalam bahasan mengenai kepemimpinan kepala sekolah, semangat kerja, komitmen kerja, dan kinerja guru.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI