DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ETOS KERJA PEDAGANG PEREMPUAN PASAR TERAPUNG SIRING PIERE TENDEAN DALAM PEMBENTUKAN CIVIC DISPOSITION MASYARAKAT BANJAR
PENGARANG:MUHAMMAD CANDRA EKBAL RUSPITA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-12-16


ABSTRAK

 

Ruspita, M. Candra Ekbal, 2019. Etos Kerja Pedagang Perempuan Pasar        Terapung Siring Piere Tendean dalam Pembentuk Civic Disposition Masyarakat Banjar.        Skripsi Program Studi Pendidikan Pancasila dan         Kewarganegaraan, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat.        Pembimbing (I) Wahyu, (II)Sarbaini.

 

Penelitian kali ini bertujuan untuk mengidentifikasi etos kerja serta yang  latar belakang tumbuhnya semangat untuk bekerja para pedagang perempuan di Pasar Terapung Piere Tendean Banjarmasin. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data berupa pengamatan, dokumentasi serta wawancara.

Penelitian menghasilkan bahwasannya nilai dasar yang melandasi etos kerja pedagang perempuan Pasar Terapung Siring Piere Tendean yakni: nilai religius,  kejujuran, disiplin, kemandirian, kerja keras, tanggung jawab, memperkaya silaturahmi (bersahabat), mewujudkan cinta tanah air  dan nilai matrealistis. Usaha maupun kerja keras yang dilakukan oleh para pedagang tidak lain merupakan hasil nilai beserta dukungan: 1) Keluarga sebagai wujud tanggung jawab dalam mengurangi tanggungan  suami dalam menghidupi kebutuhan sehari-hari, 2) Ajaran agama turut mempengaruhi proses terbentuknya etos kerja pedagang perempuan, bekerja selain sebagai tanggungjawab membantu memenuhi kebutuhan keluarga tetapi juga upaya sungguh-sungguh yang mengerahkan seluruh pikir dan dzikirnya kepada Allah SWT sebagai wujud ibadah; 3) Kultur/budaya, selain untuk mempertahankan warisan dan budaya berdagang, etos kerja pedagang perempuan Pasar Terapung Piere Tendean juga didorong oleh budaya supan (malu) yang masih hidup dan bertahan dimasyarakat dan; 4) Subsidi dari pemerintah  turut memotivasi mereka untuk semangat dalam bekerja dan etos dalam bekerja pedagang perempuan Pasar Terapung Piere Tendean ini yang pertama dapat membentuk civic disposition yakni nilai religius, kejujuran, disiplin, kemandirian, kerja keras, tanggung jawab, memperkaya silaturahmi (bersahabat), tangguh,  dan cinta tanah air.

 

 

Kata Kunci: Nilai dasar, etos kerja, pedagang perempuan, civic disposition

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI