DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGGUNAAN MEDIA MAGICAL BOOK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMAKAI SEPATU BERTALI PADA ANAK TUNAGRAHITA RINGAN DI KELAS V C SLB B/C PARAMITA GRAHA BANJARMASIN
PENGARANG:FEBRYANTIE
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-12-16


ABSTRAK

Febryantie, A1F115008, 2019. Penggunaan Media Magical Book Untuk Meningkatkan Kemampuan Memakai Sepatu Bertali Pada Anak Tunagrahita Ringan Di Kelas V C SLB B/C Paramita Graha Banjarmasin. Skripsi Program Strata-1 Pendidikan Khusus. Jurusan Ilmu Pendidikan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing I : Dr. H. Amka, M.Si dan Pembimbing II : Jiyanta, M.Pd.

 

Hambatan motorik yang terjadi pada anak tunagrahita berdampak pada aktivitas sehari-hari anak. Masalah yang ditemui pada saat di lapangan, anak tunagrahita ringan di kelas V C SLB B/C Paramita Graha Banjarmasin mengalami hambatan dan ketidakmampuan dalam memakai sepatu bertali. Anak mengalami kesulitan saat memakai sepatu dan saat ikatan tali sepatunya terlepas, sehingga anak sangat bergantung pada orang lain untuk membantunya memakai sepatu. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh penggunaan media magical book dalam meningkatkan kemampuan memakai sepatu bertali pada anak tunagrahita ringan di kelas V C SLB B/C Paramita Graha Banjarmasin.

Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian Single Subject Research (SSR). Desain yang digunakan pada penelitian ini adalah A1-B-A2. Subjek adalah anak tunagrahita ringan di kelas V C SLB B/C Paramita Graha Banjarmasin. Sistem untuk pencatatan data menggunakan observasi langsung. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis visual dalam kondisi dan teknik analisis data antar kondisi.

Hasil penelitian menunjukan bahwa media magical book mampu meningkatkan kemampuan bina diri memakai sepatu bertali pada anak tunagrahita ringan di kelas V C SLB B/C Paramita Graha Banjarmasin. Terlihat bahwa siswa mengalami peningkatan kemampuan dengan persentase kenaikan pada baseline 1 (A1) 56,66% - 66,66% ke intervensi (B) 70,00% - 86,66 % dan ke baseline 2 (A2) 86,66% - 100,00%.

 

Kata Kunci : Kemampuan Memakai Sepatu Bertali, Media Magical Book, Anak Tunagrahita Ringan

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI