DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MINAT BELAJAR MAHASISWA DALAM PEMANFAATAN SISTEM PEMBELAJARAN E-LEARNING DI FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
PENGARANG:M. CHAIRULLAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-12-16


ABSTRAK

 

M. Chairullah, 2019 Minat Belajar Mahasiswa Dalam Pemanfaatan Sistem Pembelajaran E-Learning Di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat. Skripsi, Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. (di bawah bimbingan Prof. Dr. H. Suratno, M.Pd sebagai Pembimbing I danH. Maulana Rizky, M.Acc, Ak sebagai Pembimbing II).

 

Penelitian ini bertujuan mengetahui : (1) intensitas pemanfaatan sistem pembelajaran e-learning, (2) intensitas minat belajar mahasiswa, (3) pengaruh pemanfaatan sistem pembelajaran e-learning terhadap minat belajar mahasiswa. Pada dasarnya pembelajaran dilakukan secara konvensional atau tatap muka, untuk itu pemanfaatan sistem pembelajaran e-learning bisa menjadi solusi dalam meningkatkan minat belajar mahasiswa.

Metode penelitian menggunakan deskriptif kuantitatif, sampel penelitian menggunakan proposional terdiri dari 436 mahasiswa. Tehnik pengumpulan data menggunakan angket.

Hasil analisis deskriptif tentang pemanfaatan sistem pembelajaran e-learning menunjukkan bahwa pemanfaatan berada kategori sedang dengan persentase 74,1%, dan minat belajar mahasiswa berada kategori sedang dengan persentase 74,5%. Hasil uji hipotesis pemanfaatan sistem pembelajaran e-learning memiliki pengaruh dalam meningkatkan minat belajar mahasiswa hal ini terbukti dengan r sebesar 0,698, dan p < 0,05, serta r2 sebesar 0,487 artinya memiliki hubungan sebesar 48,7%.

 

Kata Kunci : E-learning, Minat Belajar, Pembelajaran.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI