DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KONDISI KENYAMANAN TERMAL RUANG KELAS SEKOLAH TINGKAT SMA SEDERAJAT KECAMATAN BANJARMASIN TENGAH KOTA BANJARMASIN
PENGARANG:Guruh Wahono
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-12-17


INTISARI

 

Judul dalam penelitian ini adalah kondisi kenyamanan termal ruang kelas sekolah tingkat SMA sedejarat Kecamatan Banjarmasin Tengah. Tujuan dalam penelitian ini adalah mengetahui nilai kenyamanan termal dalam ruang kelas dan kondisi kenyamanan termal berdasarkan aspek psikologis selama jam pelajaran berlangsung.

Metode dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah ruang kelas dengan jumlah 177 ruang kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah menggunakan sampel probabilitas dengan jumlah sampel 12 ruang kelas. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari lingkungan isik dan manusia sebagai pengguna ruang. Analisis data dalam penelitian ini dalah menggunakan Sofware Center For The Built Environment ASHRAE 55.

Hasil dalam penelitian ini sebagai berikut Nilai PMV pada tiap ruang kelas SMA di Banjarmasin Tengah berkisar antara 0,11% sampai 2,13% dan nilai PPD berkisar antara 5% sampai 82%. Sensasi termal yang dirasakan pengguna ruang kelas (siswa) adalah netral (nyaman), sedikit hangat, hangat, dan panas. Berdasarkan aspek psikologis siswa, kecenderungan frekuensi terjadi kondisi netral atau nyaman terjadi pada jam pelajaran ke 1-3, kecenderungan frekuensi terjadi kondisi sedikit hangat terjadi pada jam pelajaran ke 4-6, kecenderungan frekuensi terjadi kondisi hangat terjadi pada jam pelajaran ke 7, dan kecenderungan frekuensi terjadi kondisi panas terjadi pada jam pelajaran ke 8-10.

 

Kata kunci; Kenyamanan Termal, PMV, PPD

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI