DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERKEMBANGAN MORAL SISWA SMP TERHADAP PENYELESAIAN MASALAH BANTARAN SUNGAI BARITO
PENGARANG:HERIADI
PENERBIT:-
TANGGAL:2018-01-22


Kata kunci : perkembangan moral, penyelesaian masalah, bantaran Sungai Barito.
Kurikulum 2013 dan Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 pasal 3 dan 4 bertujuan untuk mengembangkan kemampuan dan membentuk watak (moral) peserta didik. Berdasarkan survei lapangan ditemukan pola pandang dan tanggapan siswa yang berbeda-beda terhadap permasalahan bantaran Sungai Barito sesuai dengan perkembangan moral siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perkembangan moral dan karakteristik perkembangan moral siswa SMP terhadap penyelesaian masalah yang terjadi di bantaran Sungai Barito secara valid dan reliabel. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan metode penelitian kualitatif, subjek dalam penelitian ini adalah 8 orang siswa SMPN 1 Anjir Muara yang telah ditentukan berdasarkan teori TPMBSB. Teknik pengumpulan data dengan observasi, dokumentasi, wawancara dan trianggulasi. Analisis data mengacu kepada Miles & Huberman (2008) dengan 4 tahapan yaitu Reduksi data, Penyajian data, penarikan kesimpulan dan Triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) Tahapan perkembangan moral siswa terhadap permasalahan bantaran Sungai Barito melalui penyelesaian masalah diperoleh 4 tahap teori TPMBSB. TPMBSB 1 subjek mampu memahami masalah dan membuat rumusan masalah tentang permasalahan dibantaran Sungai Barito, TPMBSB 2 subjek mampu menciptakan sebanyak mungkin gagasan penyelesaian masalah, sehingga dapat memilih solusi yang paling sesuai untuk penyelesaian masalah dibantaran Sungai Barito, TPMBSB 3 subjek mampu menggali/ mengumpulkan data tentang masalah dibantaran Sungai Barito, TPMBSB 4 siswa mampu melakukan pengecekan kembali atas apa yang telah dilakukan mulai dari fase pertama sampai fase terakhir atau membuat kesimpulan tentang permasalahan bantaran Sungai Barito. (2) Karakteristik perkembangan moral siswa terhadap permasalahan bantaran Sungai Barito melalui penyelesaian masalah berdasarkan hasil wawancara diperoleh tanggap siswa yang berbeda-beda, dimana setiap tanggapan siswa menunjukkan karakteristik dari tahapan perkembangan moral.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI