DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Penanaman Karakter Disiplin Dan Tanggung Jawab Anak Usia Dini (Studi Multi Situs Taman Kanak-Kanak Melati Dan Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina Kecamatan Binuang Kabupaten Tapin).
PENGARANG:HAIRIANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-12-17


Kata Kunci:   Pendidikan anak usia dini, pendidikan karakter, disiplin, tanggung   jawab, TK Melati, TK Negeri Pembina Binuang

         Penanaman Karakter disiplin dan tanggung jawab anak usia dini adalah  adalah tanggung jawab warga sekolah, keluarga dan masyarakat serta pemerintah. Pelaksanaan implementasi pendidikan karakter disiplin dan tanggung jawab di TK Melati dan TK Negeri Pembina Binuang dilakukan dengan mengintegrasikan karakter disiplin dan tanggung jawab dalam program pengembangan dan kemampuan dasarPendidik dapat menerapkan kurikukum  yang memuat penanaman karakter disiplin dan tanggung jawab anak usia dini. Oleh karena itu, artikel ini akan membahas tentang Penanaman  Karakter Disiplin Dan Tanggung Jawab Anak Usia Dini (Studi Multi Situs Taman Kanak-Kanak Melati Dan Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina Kecamatan Binuang Kabupaten Tapin). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pemaparan informasi temuan secara deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan observasi partisipan, wawancara mendalam, serta analisis dokumentasi. Mengingat penelitian ini dilakukan lebih dari satu situs (multi situs), maka data yang dikumpul terlebih dahulu, dianalisis secara individu, baru kemudian dilakukan analisis data lintas situs. Berdasarkan  hasil analisis kajian, disimpulkan Pelaksanaan implementasi pendidikan karakter disiplin dan tanggung jawab di TK Melati dan TK Negeri Pembina Binuang dilakukan dengan mengintegrasikan karakter disiplin dan tanggung jawab dalam program pengembangan dan keapuan dasar. Pengintegrasian nilai-nilai karakter dalam program pengembangan diri meliputi: kegiatan rutin, kegiatan spontan, keteladanan. Pengintegrasian nilai-nilai karakter dalam budaya sekolah meliputi kegiatan rutin, kegiatan Tahunan, kegiatan Bulanan  dan Kegiatan Mingguan.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI