DIGITAL LIBRARY



JUDUL:HUBUNGAN KEPEMIMPINAN PEMBELAJARAN, PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN, MOTIVASI KERJA DENGAN HASIL UJI KOMPETENSI GURU SD NEGERI DI KECAMATAN BINUANG KABUPATEN TAPIN
PENGARANG:TUTIK KRISTIANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-12-17


Kata kunci: Kepemimpinan Pembelajaran, Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan,
Motivasi Kerja, Uji kompetensi.


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) gambaran tentang
kepemimpinan pembelajaran, pengembangan keprofesian berkelanjutan, motivasi
kerja guru, dan hasil uji kompetensi guru SDN di Kecamatan Binuang, (2) hubungan
antara kepemimpinan pembelajaran dan hasil uji kompetensi guru SDN di Kecamatan
Binuang, (3) hubungan antara pengembangan keprofesian berkelanjutan dengan hasil
uji kompetensi guru SDN di Kecamatan Binuang, (4) hubungan antara motivasi kerja
guru dengan uji kompetensi guru SDN di Kecamatan Binuang, (5) hubungan secara
bersama-sama antara kepemimpinan pembelajaran, pengembangan keprofesian
berkelanjutan, motivasi kerja guru dan hasil uji kompetensi guru SDN di Kecamatan
Binuang.
Penelitian yang dilakukan menggunakan metode korelasional yang termasuk
dalam penelitian deskriptif dengan maksud mendeskripsikan seberapa erat hubungan
variable kepemimpinan pembelajaran, pengembangan keprofesian berkelanjutan,
motivasi kerja dengan hasil uji kompetensi guru SDN di Kecamatan Binuang. Dalam
penelitian ini populasi sebanyak 172 orang yang tersebar di Kecamatan Binuang.
Sampel diambil menggunakan rumus Slovin yakni berjumlah 120 orang, dengan
teknik proportional random sampling. Pengumpulan data dilakukan secara langsung
dari responden, sedangkan analisis data yang digunakan untuk menghitung korelasi
tunggal menggunakan rumus product moment dan rumus korelasi ganda untuk
mengetahui hubungan ke tiga variabel.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) kepemimpinan pembelajaran
berkorelasi sebesar 0,596 terhadap uji kompetensi guru SDN di Kecamatan Binuang,
(2) pengembangan keprofesian berkelanjutan berkorelasi sebesar 0,598 terhadap uji
kompetensi guru SDN di Kecamatan Binuang, (3) motivasi kerja guru berkorelasi
sebesar 0,542 dengan hasil uji kompetensi guru SDN di Kecamatan Binuang.
Kepemimpinan pembelajaran, pengembangan keprofesian berkelanjutan, motivasi
kerja guru secara bersama-sama berkorelasi sebesar 0,812 dengan hasil uji
kompetensi guru.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut, disarankan kepada semua kepala
sekolah di Kecamatan Binuang untuk memberikan saran kepada guru untuk selalu
membuka diri mengembangkan dirinya dan mengikuti pembinaan atau pelatihan
untuk meningkatkan kompetensi, dan memberikan motivasi kerja kepada guru.
Dengan demikian kualitas sumber daya manusia akan menjadi lebih baik dan mutu
pendidikan akan meningkat.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI