DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERKEMBANGAN MORAL SISWA SMP TERHADAP PERMASALAHAN BANTARAN SUNGAI ALALAK BANJARMASIN MENGGUNAKAN PENYELESAIAN MASALAH
PENGARANG:YUNISA DELA
PENERBIT:-
TANGGAL:2018-01-22


Kata kunci :perkembangan moral, penyelesaian masalah, bantaran sungai.


Perkembangan moral merupakan dapat atau tidaknya suatu perbuatan atau
tindakan yang diterima oleh sesamanya dalam hidup kemasyarakatan dan cara
seseorang bertingkah laku saat berinteraksi terhadap sesama. Tujuan dari
penelitian (1) mendeskripsikan tahap perkembangan moral, (2) mendeskripsikan
karakteristik tahap perkembangan moral siswa SMPN 29 terhadap permasalahan
bantaran sungai Alalak melalui penyelesaian masalah yang valid dan reliabel.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif menggunakan
pendekatan kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah 8 orang siswa SMPN
29 ditentukan berdasarkan teori PMPMBS. Data yang dihasilkan dianalisis
menggunakan analisa Miles & Huberman (1992) mencakup 3 tahapan reduksi
data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan (1)
Tahapan perkembangan moral siswa diperoleh 4 tahap teori PMPMBS yaitu
PMPMBS 1 menyusun rencana bersifat sementara tetapi belum dapat
memecahkan masalah dibantaran sungai Alalak, PMPMBS 2 membuat ide yang
mampu merancang solusi masalah dibantaran sungai Alalak, PMPMBS 3
mempertimbangkan dan melaksanakan ide yang menjadi solusi sesuai rancangan
untuk menyelesaikan masalah dibantaran sungai Alalak, PMPMBS 4
menunjukkan kemampuan mengevaluasi hasil berdasarkan solusi masalah
dibantaran sungai Alalak. (2) Karakteristik perkembangan moral siswa berdasar
hasil wawancara, subjek mampu menempatkan diri terhadap wacana dalam
menyelesaikan permasalahan bantaran sungai Alalak Banjarmasin yakni
menunjukkan karakteristik dari tahapan perkembangan moral.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI