DIGITAL LIBRARY



JUDUL:HUBUNGAN KOMITMEN GURU, DISIPLIN GURU DAN MOTIVASI KERJA DENGAN KINERJA GURU SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI DI KECAMATAN KARANG INTAN
PENGARANG:HASMI RIDHO
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-12-17


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) komitmen guru, disiplin guru, motivasi kerja dan kinerja guru, (2) Hubungan komitmen guru dengan motivasi kerja, (3) Hubungan disiplin guru dengan motivasi kerja, (4) Hubungan motivasi kerja guru dengan kinerja guru, (5) Hubungan komitmen guru dengan kinerja guru, (6) Hubungan disiplin guru dengan kinerja guru, (7) Hubungan tak langsung komitmen guru dengan kinerja guru melalui motivasi kerja sebagai variabel pengantara, (8) Hubungan tak langsung disiplin guru dengan kinerja guru melalui motivasi kerja sebagai variabel pengantara.

Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian sebanyak 86 orang. Instrumen pengumpulan data yaitu angket yang telah memenuhi syarat uji validitas dan reliabilitas. Analisis data untuk menguji hipotesis menggunakan analisis jalur dengan metode regressi berganda.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat hubungan yang sedang dan signifikan antara komitmen guru dengan motivasi kerja guru SMP Negeri di Kecamatan Karang Intan sebesar 0,421, (2) Terdapat hubungan yang sedang dan signifikan antara disiplin kerja guru dengan motivasi kerja guru SMP Negeri di Kecamatan Karang Intan sebesar 0,537. (3) Terdapat hubungan yang sangat kuat dan signifikan antara motivasi kerja guru dengan kinerja guru SMP Negeri di Kecamatan Karang Intan sebesar 0,991, (4) Terdapat hubungan yang lemah dan signifikan antara komitmen guru dengan kinerja guru SMP Negeri di Kecamatan Karang Intan sebesar 0,381, (5) Terdapat hubungan yang sedang dan signifikan antara disiplin kerja guru dengan kinerja guru SMP Negeri di Kecamatan Karang Intan sebesar 0,537, (6) Terdapat hubungan yang sedang dan signifikan antara komitmen guru dengan kinerja guru melalui motivasi kerja guru SMP Negeri di Kecamatan Karang Intan sebesar 0,417. (7) Terdapat hubungan yang sedang dan signifikan antara disiplin kerja guru dengan kinerja guru melalui motivasi kerja guru SMP Negeri di Kecamatan Karang Intan sebesar 0,417.

Kesimpulan penelitian ini adalah ada hubungan yang signifikan komitmen guru, disiplin guru, motivasi kerja dengan kinerja guru diSMP Negeri di Kecamatan Karang Intan. Disarankan hendaknya guru dalam melaksanakan tugas lebih berorientasi kepada tujuan sekolah, memperhatikan alokasi waktu,bisa merencanakan kegiatan pembelajaran dengan lebih efektif dan bagi peneliti selanjutnya dapat melakukan penelitian laindengan variabel yang berhubungan dengan kinerja guru

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI