DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGINTEGRASIAN NILAI-NILAI KEWIRAUSAHAAN DALAM PEMBELAJARAN PKN PADA SISWA KELAS XII SMKN 3 BANJARMASIN
PENGARANG:ADI SUTRISNO
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-12-18


ABSTRAK

Adi Sutrisno, 2019, Pengintegrasian Nilai-nilai Kewirausahaan dalam Pembelajaran PKn Pada Siswa Kelas XII SMKN 3 Banjarmasin. Skripsi Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial FKIP Univesitas Lambung Mangkurat. Pembimbing (I) Harpani Matnuh, (II) Heru Puji Winarso

Kata Kunci: Integrasi, Nilai Kewirausaa, Pembelajaran PKn

Keterampilan berwirausaha sangat diperlukan pada kehidupan saat ini, karena tuntutan kehidupan yang makin tinggi dan persaingan sumber daya manusia yang semakin ketat untuk mencari pekerjaan, di era sekarang mulai sulit untuk mencari pekerjaan tidak seperti dulu sehingga jiwa kewirausahaan merupakan wujud nilai karakter yang berkualitas dan berketrampilan agar siswa lulusan SMKN 3 Banjarmasin mampu membuat lapangan pekerjaan sendiri, oleh karena itu para siswa perlu dibekali dengan ilmu pengetahuan dan keterampilan kewirausahaan. Di dalam pembelajaran PKn itu terdapat nilai-nilai kewirausahaan sebagai usaha untuk membentuk jiwa kewirausahaan pada siswa. Pada mata pelajaran ini guru PKn harus mampu  mengintegrasikan nilai-nilai kewirausahaan dalam pembelajaran PKn sehingga yang dicita-citakan keberhasilan diharapkan mampu mewujudkan tertanamnya peningkatan nilai-nilai kewirausahaan.

            Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai kewirausahaan yang di integrasikan dalam pembelajaran PKn pada siswa, mengetahui pengintegrasian nilai-nilai kewirausahaan dalam pembelajaran PKn pada siswa.

            Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data dipilih secara “purposive sampling”, dan pengumpulan data dilakukan dengan teknis observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis hasil penelitian yang dipakai adalah reduksi data, penyajian data, menarik kesimpulan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Nilai-nilai kewirausahaan yang diintegrasikan dalam pembelajaran PKn yaitu pengintegrasian nilai kemandirian, nilai kreatif (kreativitas belajar), nilai percaya diri, nilai kerja sama, nilai kerja keras, dan nilai kedisiplinan. (2) Pengintegrasian nilai-nilai kewirausahaan dikelas dilakukan dengan cara mengaitkan materi PKn dengan nilai kewirausahaan dalam pembelajaran, memberi motivasi dan nasehat, menggunakan metode tanya jawab dan diskusi saat pembelajaran dan menggunakan model serta media pembelajaran

Berdasarkan hasil penelitian diatas, diharapkan agar guru PKn dapat meningkatkan model pembelajaran PKn berbasis nilai kewirausahaan dan karakter yang mampu membentuk atau sikap kreatif dan mandiri pada siswa saat pembelajaran PKn di dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) guru PKn.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI