DIGITAL LIBRARY



JUDUL:IMPLEMENTASI KEBIJAKAN TERHADAP PENGURANGAN PENGGUNAAN KANTONG PLASTIK DI KECAMATAN BANJARMASIN TENGAH
PENGARANG:PUTRI NURINDAH SARI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-12-18


ABSTRAK

Putri Nurindah Sari, D1B115071, 2019 “Implementasi Kebijakan Terhadap Pengurangan Penggunaan Kantong Plastik di Kecamatan Banjarmasin Tengah”. Dibawah bimbingan  H.Saifudin selaku pembimbing I dan Pathurahman selaku pembimbing II.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi kebijakan terhadap pengurangan penggunaan kantong plastik di Kecamatan Banjarmasin Tengah. Penelitian ini menggunakan teori implementasi dari Merilee S. Grindle dalam Abdul Wahab terdiri atas isi kebijakan dan lingkungan implementasi yang menghasikan metode analisis yaitu Miles dan Huberman. Tipe penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan pengumpulan data, penyajian data, reduksi data dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi kebijakan mengenai pengurangan penggunaan kantong plastik di kecamatan Banjarmasin Tengah Kota Banjarmasin masih belum optimal. Jika dikaitkan dengan teori Marilee S. Grindle yaitu dilihat dari Kepentingan-kepentingan yang Mempengaruhi belum optimal pada kelompok kepentingan dan pengaruh isi kebijakan yang sudah sesuai tetapi belum berjalan dengan lancar. Tipe Manfaat, belum optimal pada lingkungan yang belum merata, pembeli yang masih merasa keberatan karena harus membeli kantong pengganti, dan penjual yang merasa dirugikan. Pengambilan Keputusan, sudah optimal karena peraturan ini bersifat teguran bukan sanksi. Pelaksana Program, belum optimal disebabkan pelayanan yang belum menyeluruh dan data yang belum lengkap pada web pelayanan. Strategi, sudah sesuai dengan program namun masih belum optimal, hal ini karena masih banyak masyarakat belum mengetahui web yang mendata program. Tingkat Kepatuhan, masih belum optimal karena pembeli masih sering lupa bahkan sengaja tidak membawa kantong pengganti selain itu pembeli masih membawa kantong plastik sebagai kantong bawaan dari rumah. Penjual juga masih ada yang memberikan kantong plastik kepada pembeli baik itu berbayar ataupun gratis kepada pembeli.

Kepada Dinas Lingkungan Hidup untuk memberikan kejelasan informasi data pada web/aplikasi Si-Tupat mengenai kegiatan yang telah dikerjakan. Kepada Kecamatan Banjarmasin Tengah untuk menambahkan sumber daya manusia dari sebelumnya 2 orang ditambah lagi 3 orang sehingga menjadi 5 orang agar lebih efektif dalam meberikan informasi dilapangan serta kepada masyarakat untuk membawa kantong plastik dari rumah atau membeli tas pengganti ramah lingkungan.

Kata Kunci : Implementasi, Pengurangan Penggunaan Kantong Plastik, Kecamatan Banjarmasin Tengah

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI