DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Geografi Siswa SMAN 1 Tamban dan SMAN 1 Mekarsari
PENGARANG:Muhammad
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-12-18


INTISARI

Motivasi belajar dapat menumbuhkan minat siswa yang mendorong siswa ingin melakukan kegiatan belajar. Motivasi belajar dibagi menjadi dua jenis yaitu motivasi intrinsik dan motivasi ekstrinsik. Siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi cenderung akan mempunyai sikap positif untuk berhasil sedangkan siswa yang kurang memiliki motivasi belajar cenderung malas untuk menerima proses pembelajaran dengan baik.

Penelitian Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Geografi bertujuan untuk menganalisis: Pengaruh motivasi intrinsik terhadap hasil belajar geografi siswa SMAN 1 Tamban dan SMAN 1 Mekarsari dan Pengaruh motivasi ekstrinsik terhadap hasil belajar geografi SMAN 1 Tamban dan SMAN 1 Mekarsari.

Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto karena dalam penelitian ini tidak dibuat perlakuan/manipulasi terhadap variabel-variabelnya, tetapi hanya mengungkap fakta berdasarkan gejala yang telah ada pada diri responden. Rancangan penelitian ini digunakan untuk mengetahui pengaruh antara variabel (X) motivasi belajar dan variabel (Y) hasil belajar Geografi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif karena berbasis statistik untuk meneliti pada populasi atau sampel tertentu.

Hasil penelitian yang didapatkan: (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Motivasi Intrinsik terhadap Hasil Belajar Geografi  Siswa SMAN 1 Tamban (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Motivasi Intrinsik terhadap Hasil Belajar Geografi  Siswa SMAN 1 Mekarsari (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Motivasi Ekstrinsik terhadap Hasil Belajar Geografi Siswa SMAN 1 Tamban (4) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Motivasi Ekstrinsik terhadap Hasil Belajar Geografi Siswa SMAN 1 Mekarsari.

Kata kunci: Motivasi Belajar, Motivasi Intrinsik, Motivasi Ekstrinsik, Hasil Belajar Geografi

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI