DIGITAL LIBRARY



JUDUL:EFEKTIVITAS MEDIA PERMAINAN MARBLE LABYRINTH DALAM MENINGKATKAN KONSENTRASI ANAK ADHD KELAS II DI SD-SN PASAR LAMA 3 BANJARMASIN
PENGARANG:M Ridho Sobirin
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-12-18


Muhammad Ridho Sobirin, A1F114081, 2018. Efektivitas Permainan Media Marble Labyrinth Dalam Meningkatkan Konsentrasi Anak ADHD Kelas II Di SD-SN Pasar Lama 3 Banjarmasin.Skripsi Program S-1 Pendidikan Khusus. Jurusan Ilmu Pendidikan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.Universitas Lambung Mangkurat Tahun Akademik 2017/2018. Pembimbing I: H. Fauzul Adhim, M.Pd. Pembimbing II: Machmud Fauzi, M.Pd.

Kata Kunci: Marble Labyrinth, Konsentrasi, Anak ADHD.

           

Dalam proses pembelajaran, konsentrasi sangat berpengaruh dalam proses belajar mengajar konsentrasi bisa saja terganggu baik karna hal yang tidak disukai atau bosan akibatnya dalam pelajaran sekolah jadi kurang maksimal. Anak ADHD di SD-SN Pasar Lama 3 Banjarmasin mengalami hambatan berkonsentrasi Dalam hal tersebut peneliti bertujuan untuk megetahui apakah permainan Marble Labyrinth dapat meningkatkan konsentrasi anak.

 

Penelitian ini menggunakan rancangan eksperimen dengan penelitian subjek tunggal, atau lebih dikenal dengan istilah Single Subject Research (SSR). Desain yang digunakan dalam penelitian ini yaitu desain A-B-A. Subjek dalam penelitian merupakan anak ADHD di SD-SN Pasar Lama 3 Banjarmasin. Sistem pencatatan data menggunakan observasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis visual dalam kondisi dan antar kondisi.

 

Hasil penelitian menunjukan bahwa media Marble Labyrinth dapat meningkatkan konsentrasi anak ADHD kelas II SD-SN Pasar Lama 3 Banjarmasin. Dengan menggunakan desain A-B-A dalam baseline 1 (A-1) kemampuan konsentrasi anak dilihat dalam proses belajar mengajar baik mengerjakan soal atau menulis catatan ditahap ini anak sangat lambat dalam mengerjakan tugas yang diberikan. Intervensi (B) anak diberi perlakuan dimana dalam tahap ini anak mampu mengerjakan tugas yang diberi lebih cepat dari baseline 1 (A-1). Baseline 2 (A-2) dalam baseline ini konsentrasi anak dilihat seperti A-1 dalam mengerjakan soal atau menulis catatan tapi hasilnya berbeda dimana dalam A-2 anak sudah lebih cepat dalam mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru sehingga dapat disimpulkan bahwa media Marble Labyrinth dapat meningkatkan konsesntrasi dalam pembelajaran.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI