DIGITAL LIBRARY



JUDUL:DAMPAK PENGUASAAN PENGETAHUAN PRAKARYA DAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP SIKAP KREATIF SISWA (STUDI KASUS PADA MATA PELAJARAN PRAKARYA DAN KEWIRAUSAHAAN XII MATH-SCIENCE DAN XII SOSIAL SMA NEGERI 1 PELAIHARI TAHUN 2018/2019)
PENGARANG:CHRISTINA DWI LESTARI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-12-19


DAMPAK PENGUASAAN PENGETAHUAN PRAKARYA DAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP SIKAP KREATIF SISWA (STUDI KASUS PADA MATA PELAJARAN PRAKARYA DAN KEWIRAUSAHAAN XII MATH-SCIENCE DAN XII SOSIAL SMA NEGERI 1 PELAIHARI TAHUN 2018/2019)

 

Christina Dwi Lestari1, Sri Setiti2, Supriyanto3

1christina.uwii27@gmail.com, 2srisetiti54@yahoo.com, 3supriyanto@unlam.ac.id

 

ABSTRAK

Penguasaan pengetahuan prakarya dan kewirausahaan merupakan segala hal yang didapatkan dari perpaduan pengamatan akal dengan persentuhan panca indra terhadap objek tertentu secara berulang-ulang sehingga terbentuk cara berfikir tingkah laku dan sikap peserta didik. Individu juga akan mencari referensi dari berbagai sumber dan mulai menggali potensi peluang di lingkungannya sebagai wujud memotivasi diri atau memberikan dorongan untuk menciptakan karya yang kreatif. Tujuan dalam penelitian untuk (1) bagaimana penguasaan pengetahuan kewirausahaan peserta didik pada kelas XII SMAN 1 Pelaihari (2) bagaimana sikap kreatif yang dimiliki peserta didik pada kelas XII SMAN 1 Pelaihari (3) bagaimana dampak penguasaan pengetahuan kewirausahaan terhadap sikap kreatif peserta didik pada kelas XII di SMAN 1 Pelaihari.

Desain penelitian yang digunakan metode deskriptif asosiatif dengan pendekatan kuantitatif dengan sampel sebanyak 170 siswa yang berasal dari 8 kelas Math-Science dan Sosial. Teknik pengumpulan data berupa tes pilihan ganda, data siswa. Uji Validitas Instrumen yang digunakan merupakan uji validitas soal tes. Uji prasyarat analisis yang digunakan adalah uji kai kuadrat atau chi squares.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap kreatif siswa dipengaruhi dari penguasaan pengetahuan prakarya dan kewirausahaan, karena aktivitas siswa pada saat praktek pembuatan kerajinan dapat mencapai tingkat kreativitas yang tinggi pada penelitian ini. Dengan persentase untuk variabel penguasaan pengetahuan 59,41% dengan frekuensi 101 siswa prakarya dan kewirausahaan. Sedangkan presentase variabel sikap kreatif sebesar tertinggi 73,53% dengan kategori Baik frekuensi 125 siswa. Sehingga dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi jumlah siswa yang menguasai pengetahuan prakarya dan kewirausahaan maka semakin tinggi juga tingkat kreativitas siswa tersebut, karena dengan penguasaan prakarya dan kewirausahaan yang semakin luas maka referensi untuk membuat kerajinan akan semakin beragam dan imajinatif.

 

Kata Kunci: Penguasaan Pengetahuan Kewirausahaan, Sikap Kreatif

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI