DIGITAL LIBRARY



JUDUL:UPAYA MENINGKATKAN ASPEK BAHASA (MENJAWAB PERTANYAAN) MELALUI METODE BERCERITA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PICTURE AND PICTURE DAN TALKING STICK PADA KELOMPOK B TK INSAN MULIA BANJARMASIN TENGAH
PENGARANG:NORHIDAYAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-12-20


ABSTRAK

 

NORHIDAYAH. 2019.Upaya Meningkatkan Aspek Bahasa (Menjawab Pertanyaan) Melalui metode bercerita dengan  Menggunakan Model Picture and Picture,dan Talking Stick pada kelompok B TK Insan Mulia Banjarmasin Tengah.”Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Dosen Pembimbing Dr. H. A. Muhyani Rizalie, M. Si.

Kata Kunci : Menjawab pertanyaan, Menggunakan model  Picture And Picture, dan Talking Stick.

Permasalahan pada penelitian adalah rendahnya Aspek Bahasa anak dalam (menjawab pertanyaan yang komplek). Hal ini terjadi karena anak mendengarkan tetapi anak belum mampu menceritakan apa yang didengarnya, karena anak kurang memahami apa yang disampaikan guru, serta dalam pembelajaran anak terlihat tidak berminat,dan anak kurang tertarik pada kegiatan pembelajaran. Untuk mengatasi hal tersebut maka pembelajaran bisa menggunakan model  Picture and Picture,dan model Talking Stick. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas anak, dan hasil pengembangan kemampuan aspek Bahasa anak  dalam menjawab pertanyaan yang komplek.

Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas, penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Setting penelitian anak dikelompok B TK Insan Mulia Banjarmasin Tengah. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan penilaian aspek perkembangan nilai agama dan moral. Indikator keberhasilan aktivitas guru dikatakan berhasil apabila mencapai kriteria baik dan sangat baik, aktivitas anak dikatakan berhasil apabila mencapai aktif dan sangat aktif, dan hasil pengembangan anak minimal 81% dan mendapat nilai êêê dan êêêê.

Hasil penelitian menunjukkan aktivitas guru mengalami peningkatan dalam empat kali pertemuan dengan kriteria sangat baik. Aktivitas anak meningkat pada siklus 4 dengan hasil sangat aktif dan hasil pengembangan aspek nilai agama dan moral anak mengalami peningkatan pada pertemuan terakhir.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah menggunakan model Picture and Picture, dan Talking Stickdalam menjawab pertanyaan dapat mengembangkan aspek nilai Bahasa anak pada kelompok B TK Insan Mulia Banjarmasin Tengah. Berdasarkan hasil temuan dalam penelitian ini guru hendaknya lebih terampil menggunakan model-model dan metode pembelajaran yang bervariatif, sehingga anak dapat termotivasi dalam kegiatan belajar.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI