DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KAJIAN TEKNIS PRODUKTIVITAS SERTA MATCH FACTOR PADA KEGIATAN PENGUPASAN TANAH PENUTUP DI PIT KUSAN ATAS PT BORNEO INDOBARA, KECAMATAN ANGSANA, KABUPATEN TANAH BUMBU, PROVINSI KALIMANTAN SELATAN
PENGARANG:MUHAMMAD HELMY FUDHOLY
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-12-20


ABSTRAK

Muhammad Helmy F.: KAJIAN TEKNIS PRODUKTIVITAS SERTA MATCH FACTOR PADA KEGIATAN PENGUPASAN TANAH PENUTUP DI PT BORNEO INDOBARA,KECAMATANANGSANA,
KABUPATENTANAH BUMBU, PROVINSI KALIMANTAN SELATAN.

 

Pada kegiatan penambangan batubara, peralatan mekanis seperti alat gali muat dan alat angkut digunakan pada kegiatan pengupasan tanah penutup. Alat mekanis tersebut bekerja secara terus menerus sehingga menyebabkan produktivitas tidak tercapai dan match factor kurang maksimal. Hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya cycle time, effisiensi, dan bucket fill factor.  Penelitian ini dilakukan untuk dapat mengetahui faktor yang paling berpengaruh terhadap produktivitas dan match factor.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode pengukuran aktual dilapangan yang bertujuan memperoleh hasil pada waktu sekarang. Proses pemecahan masalah menggunakan metode komputasi dan analisis disertai data-data berupa peta, gambar, grafik dan tabel yang dapat membantu dalam penyampaian informasi hasil penelitian.

Dari Target Produktivitas alat gali muat Komatsu PC 2000 sebesar 750 Bcm/Jam. Diperloeh produktivitas alat gali muat fleet EX 2017 adalah 791.70 bcm/jam, pada fleet EX 2011 adalah 872.48 bcm/jam, pada fleet EX 2020 adalah 808.13 bcm/jam, pada fleet EX 2016 adalah 667.76 bcm/jam. Nilai match factor yang diperoleh yaitu pada fleet EX 2017 adalah 0.99, fleet EX 2016 adalah 0.93, fleet EX 2011 adalah 0.77 dan fleet EX 2020 adalah 0.70. Upaya peningkatan match factor dilakukan dengan simulasi yaitu: a. Simulasi peningkatan match factor dengan cara mengganti kecepatan rata-rata alat angkut Komatsu HD 785 pada fleet EX 2011 dan EX 2020 yang awalnya 11.96 km/jam dan 11.42 km/jam menjadi 13.24 km/jam, maka diperoleh nilai match factor 0.84 dan 0.80. b. Simulasi peningkatan match factor dengan cara mengganti kecepatan rata-rata alat angkut Komatsu HD 785 pada fleet EX 2011 dan EX 2020 yang awalnya 11.96 km/jam dan 11.42 km/jam menjadi 15.30 maka diperoleh nilai match factor 0.95 dan 0.91.

 

Kata Kunci: Cycle Time, Produktivitas, Match Factor, Rata-rata Kecepatan Alat Angkut

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI