DIGITAL LIBRARY



JUDUL:HUBUNGAN ANTARA KEBUTUHAN AFILIASI DENGAN PENGELOLAAN KESAN PADA REMAJA PENGGUNA MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DI SMAN 2 BANJARBARU
PENGARANG:Lisa Rizky
PENERBIT:FAKULTAS KEDOKTERAN
TANGGAL:2018-01-22


Saat  ini  media  sosial  menjadi  kebutuhan  sehari-hari  di  kalangan masyarakat  khususnya  di  kalangan  remaja.  Pengguna  media  sosial  mengelola kesan  sehingga  dapat  meningkatkan  citra  dan  kesan  sesuai  keinginan  mereka melalui  performa  yang  ditampilkan.  Salah  satu  faktor  yang  mempengaruhi pengelolaan kesan penggunaan media sosial instagram pada remaja berasal dari dalam diri remaja itu sendiri, yakni kebutuhan afiliasi yaitu kebutuhan menjalin hubungan yang hangat dengan orang lain.  Adapun tujuan dari penelitian untuk mengetahui hubungan antara kebutuhan afiliasi dengan pengelolaan kesan pada remaja pengguna media sosial instagram di SMA Negeri 2 Banjarbaru. Subjek penelitian berjumlah 202 orang siswa dengan pengambilan sampel berupa teknik 

proportionate stratified random. Metode pengumpulan data menggunakan skala 

model likert yang terdiri dari skala kebutuhan afiliasi dengan skala pengelolaan kesan pada pengguna media sosial instagram. Hasil uji korelasi product moment dari Karl Person menunjukan terdapat hubungan positif antara kebutuhan afiliasi dengan pengelolaan kesan pada remaja pengguna media sosial instagram, semakin tinggi  kebutuhan  afiliasi  maka  pengelolaan  kesan  yang  dilakukan  remaja pengguna media sosial instagram juga semakin tinggi, sebaliknya semakin rendah kebutuhan  afiliasi  maka  pengelolaan  kesan  yang  dilakukan  remaja  pengguna media sosial instagram juga semakin rendah.  

 

 

 

Kata Kunci: Kebutuhan Afiliasi, Pengelolaan Kesan, Pengguna Instagram, remaja 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI