DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | HUBUNGAN ANTARA KEBUTUHAN AFILIASI DENGAN PENGELOLAAN KESAN PADA REMAJA PENGGUNA MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DI SMAN 2 BANJARBARU | |
PENGARANG | : | Lisa Rizky | |
PENERBIT | : | FAKULTAS KEDOKTERAN | |
TANGGAL | : | 2018-01-22 |
Saat ini media sosial menjadi kebutuhan sehari-hari di kalangan masyarakat khususnya di kalangan remaja. Pengguna media sosial mengelola kesan sehingga dapat meningkatkan citra dan kesan sesuai keinginan mereka melalui performa yang ditampilkan. Salah satu faktor yang mempengaruhi pengelolaan kesan penggunaan media sosial instagram pada remaja berasal dari dalam diri remaja itu sendiri, yakni kebutuhan afiliasi yaitu kebutuhan menjalin hubungan yang hangat dengan orang lain. Adapun tujuan dari penelitian untuk mengetahui hubungan antara kebutuhan afiliasi dengan pengelolaan kesan pada remaja pengguna media sosial instagram di SMA Negeri 2 Banjarbaru. Subjek penelitian berjumlah 202 orang siswa dengan pengambilan sampel berupa teknik
proportionate stratified random. Metode pengumpulan data menggunakan skala
model likert yang terdiri dari skala kebutuhan afiliasi dengan skala pengelolaan kesan pada pengguna media sosial instagram. Hasil uji korelasi product moment dari Karl Person menunjukan terdapat hubungan positif antara kebutuhan afiliasi dengan pengelolaan kesan pada remaja pengguna media sosial instagram, semakin tinggi kebutuhan afiliasi maka pengelolaan kesan yang dilakukan remaja pengguna media sosial instagram juga semakin tinggi, sebaliknya semakin rendah kebutuhan afiliasi maka pengelolaan kesan yang dilakukan remaja pengguna media sosial instagram juga semakin rendah.
Kata Kunci: Kebutuhan Afiliasi, Pengelolaan Kesan, Pengguna Instagram, remaja
NO | DOWNLOAD LINK |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI