DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Self Efficacy Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran INSTAD (Inkuiri Terbimbing-STAD) pada Materi Larutan Penyangga di Kelas XI MIA 1 SMA Negeri 2 Banjarmasin Tahun Pelajaran 2018/2019
PENGARANG:RIZKA RAMADHANTY
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-01-06


 

Telah dilakukan penelitian tentang penerapan model pembelajaran INSTAD pada materi larutan penyangga. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan self efficacy peserta didik pada materi larutan penyangga. Penelitian ini menerapkan jenis Penelitian Tindakan Kelas Model John Elliot yang dilaksanakan secara bersiklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI MIA 1 SMA Negeri 2 Banjarmasin Tahun Pelajaran 2018/2019. Instrumen penelitian berupa instrumen tes dan non tes. Data dianalisis dengan teknik analisis kuantitatif dan analisis kualitatif Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pada siklus I dan siklus II yang meliputi kemampuan berpikir kritis peserta didik dari kategori cukup kritis dengan persentase 54,85%, meningkat menjadi 79,70% dan dikategorikan kritis, self efficacy peserta didik dari kategori sedang dengan persentase 62,82% meningkat menjadi 76,00% dan dikategorikan tinggi. Kesimpulan pada penelitian ini yaitu: penerapan model pembelajaran INSTAD mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan self efficacy peserta didik pada materi larutan penyangga.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI