DIGITAL LIBRARY



JUDUL:HUBUNGAN WAKTU TUNGGU PELAYANAN RAWAT JALAN DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI RSUD DR. DORIS SYLVANUS PALANGKARAYA
PENGARANG:Endang Ernawati
PENERBIT:FAKULTAS KEDOKTERAN
TANGGAL:2018-01-23


Latar Belakang: Waktu tunggu pelayanan pasien di rawat jalan merupakan salah satu komponen yang menyebabkan ketidakpuasan pasien. Tujuan: Untuk mengetahui hubungan waktu tunggu pelayanan rawat jalan dengan tingkat kepuasan pasien di RSUD dr. Doris Sylvanus Palangkaraya. Metode: Penelitian observasional analitik dengan desain pendekatan cross sectional, responden dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling berjumlah 199  orang. Hasil: Waktu tunggu pelayanan di rawat jalan dengan kategori tidak baik (> 60 menit) sebanyak 159 orang (79,9%) dan baik (≤ 60 menit) sebanyak 40 orang (20,1%). Kepuasan pasien dengan kategori puas sebanyak 183 orang (92%), dan tidak puas sebanyak 16 orang (8%). Hasil analisis statistik uji fisher’s exact test menunjukkan bahwa nilai p = 0,046, p < α (0,05) terdapat hubungan waktu tunggu pelayanan rawat jalan dengan tingkat kepuasan pasien di RSUD dr. Doris Sylvanus Palangkaraya. Diskusi: Waktu tunggu pelayanan yang lama berpengaruh terhadap kepuasan pasien. Disarankan kepada rumah sakit untuk dapat meningkatkan kualitas pelayanan sesuai standar pelayanan minimal terutama dalam waktu tunggu di rawat jalan.
Kata-kata kunci: Waktu Tunggu Pelayanan, Kepuasan Pasien
 
 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI