DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL DI KELAS VII SMP NEGERI ALALAK TAHUN PELAJARAN 2016/2017
PENGARANG:W.BANU OKA SUTRESNA
PENERBIT:-
TANGGAL:2017-09-28


Siswa dalam pembelajaran matematika masih berpusat pada hasil, soal-soal yang
disajikan mengenai ingatan atau hapalan, siswa tidak dituntut untuk menemukan
jawaban atau cara berbeda yang lain dalam menyelesaikan masalah. Sehingga
kemampuan berpikir kreatif sangat diperlukan dalam proses pembelajaran
matematika. Cara berpikir yang berbeda berdasarkan jenis kelamin kemungkinan
kemampuan berpikir kreatifnya juga terdapat perbedaan. Oleh karena itu
dilaksanakan penelitian kemampauan berpikir kreatif berdasarkan jenis kelamin
pada materi aritmatika sosial di kelas VII SMP Negeri Kecamatan Alalak tahun
pelajaran 2016/2017. Penelitian ini bertujuan untuk (1) memperoleh deskripsi
kemampuan berpikir kreatif siswa laki-laki pada materi aritmatika sosial di kelas
VII SMP Negeri Alalak tahun pelajaran 2016/2017 (2) memperoleh deskripsi
kemampuan berpikir kreatif siswa perempuan pada materi aritmatika sosial di
kelas VII SMP Negeri Alalak tahun pelajaran 2016/2017 (3) mengetahui ada
tidaknya perbedaan kemampuan berpikir kreatif antara siswa laki-laki dan siswa
perempuan pada materi aritmatika sosial di kelas VII SMP Negeri Alalak tahun
pelajaran 2016/2017. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
deskriptif. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri Alalak.
Sampel dalam penelitian ini diambil menggunakan teknik purposive sampling.
Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Teknik analisis data menggunakan
rata-rata, persentase, dan uji T. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1)
kemampuan berpikir kreatif siswa laki-laki termasuk dalam kategori sangat
kurang. Indikator kelancaran, keaslian dan keluwesan dikategorikan sangat
kurang, indikator terperinci dikategorikan kurang, (2) kemampuan berpikir kreatif
siswa perempuan termasuk dalam kategori sangat kurang. Indikator kelancaran,
keaslian dan keluwesan dikategorikan sangat kurang, indikator terperinci
dikategorikan kurang, (3) Terdapat perbedaan yang signifikan antara skor
kemampuan berpikir kreatif siswa laki-laki dengan skor kemampuan berpikir
kreatif perempuan.


Kata kunci : berpikir kreatif, jenis kelamin, aritmatika sosial

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI