DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH TERAPI MUSIK TERHADAP KECEMASAN ORANG TUA AKIBAT PENYAKIT KEJANG DEMAM PADA ANAK DI RSUD RATU ZALECHA MARTAPURA
PENGARANG:Fitria Puspasari
PENERBIT:FAKULTAS KEDOKTERAN
TANGGAL:2018-01-23


Latar Belakang : Serangan kejang saat anak demam merupakan kejadian menakutkan dan menyebabkan kecemasan pada orang tua. Terapi musik dapat mengurangi kecemasan dengan memberikan efek ketenangan sehingga orang tua mampu memaksimalkan perawatan pada anak.
Tujuan : Mengetahui pengaruh terapi musik terhadap kecemasan orang tua akibat penyakit kejang demam pada anak di RSUD Ratu Zalecha Martapura.
Metode : Penelitian pra eksperimen dengan one grup pretest-posttest design pada 15 responden di RSUD Ratu Zalecha Martapura.
Hasil : Berdasarkan hasil penelitian didapatkan kecemasan orang tua akibat penyakit kejang demam pada anak di RSUD Ratu Zalecha Martapura sebelum diberikan terapi musik mengalami kecemasan dengan nilai rata-rata 23,20 (SD± 5,361) dan setelah diberikan terapi musik mengalami penurunan kecemasan dengan nilai rata-rata 13,60 (SD± 3,641). Terdapat pengaruh terapi musik terhadap kecemasan orang tua akibat penyakit kejang demam pada anak di RSUD Ratu Zalecha Martapura dengan p-value = 0,000.
Pembahasan : Terapi musik dengan nada lembut mengurangi kecemasan orang tua karena menstimulasi gelombang alfa di otak, mengurangi hormon kortisol dan melepaskan endorfin yang menimbulkan ketenangan.
Kata Kunci : Terapi musik, Kecemasan, Kejang demam

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI