DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DEBAT AKTIF BERBASIS ICT PADA MATERI KOLOID DALAM PENINGKATAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS XI IPA SMAN 1 BANJARMASIN
PENGARANG:RIZA ZULFAHNUR
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-01-16


ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan model pembelajaran debat aktif berbasis ICT dalam mengukur keterampilan berpikir kritis peserta didik. Secara khusus, tujuan penelitian ini adalah: (1) Menganalisis perbedaan keterampilan berpikir kritis peserta didik yang belajar materi koloid menggunakan model pembelajaran debat aktif berbasis ICT dengan yang menggunakan model pembelajaran Ekspoiotori, (2) Mendiskripsikan respon peserta didik terhadap model pembelajaran debat aktif berbasis ICT. Penelitian ini dilaksanakan menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain penelitian pretest-posttest non equivalen group design sebanyak total tujuh kali pertemuan. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, teknik pengambilan data menggunakan angket dan tes. Data instrumen penelitian yang diperoleh dianalisis menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis yang signifikan antara pembelajaran model debat aktif berbasis ICT dengan model pembelajaran  Ekspositori. (2) Penerapan model pembelajaran debat aktif berbasis ICT dapat memberikan respon positif pada peserta didik.

 

Kata kunci: Debat Aktif, ICT, Berpikir Kritis.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI