DIGITAL LIBRARY



JUDUL:HUBUNGAN KEPEMIMPINAN INSTRUKSIONAL KEPALA SEKOLAH DAN GURU PROFESIONAL DENGAN KINERJA GURU SD NEGERI DI KECAMATAN MARTAPURA
PENGARANG:MOH. YUSRI GAZALI
PENERBIT:-
TANGGAL:2018-01-24


Kata Kunci: kepemimpinan instruksional, guru profesional, dan kinerja guru.
Guru merupakan salah satu faktor penentu tinggi rendahnya mutu hasil
pendidikan sehingga guru dituntut untuk meningkatkan mutu dalam
melaksanakan tugasnya agar memiliki kinerja yang baik.
Kenyataannya kinerja guru masih perlu ditingkatkan. Guru perlu dibina
dengan kepemimpinan instruksional kepala sekolah yang baik sehingga dalam
melaksanakan pengajaran sesuai dengan rencana program pengajaran, juga guru
bertindak secara profesional sehingga dapat meningkatkan kinerjanya.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) hubungan
kepemimpinan instruksional kepala sekolah dan guru profesiona dengan kinerja
guru, (2) hubungan kepemimpinan instruksional kepala sekolah dan guru
profesiona, (3) hubungan kepemimpinFan instruksional kepala sekolah dan
kinerja guru , dan (4) hubungan guru profesional dan kinerja guru. Obyek
penelitian ini adalah guru PNS di SD Negeri Kecamatan Martapura yang
berjumlah 286 guru. Dengan menggunakan rumus Slovin didapat sampel
sebanyak 167 responden yang tersebar di 33 SD Negeri Kecamatan Martapura.
Teknik pengambilan sampel menggunakan proportional random sampling.
Analisis data hubungan antar variabel menggunakan korelasi sederhana
dan korelasi ganda dilanjutkan dengan uji F dan uji t untuk mengetahui taraf
signifikansinya. Sebelum dilakukan analisis statistik terlebih dulu dilakukan
uji prasyarat berupa uji normalitas dan linearilitas.
Hasil penelitian adalah: (1) terdapat hubungan antara kepemimpinan
instruksional kepala sekolah dan guru profesiona dengan kinerja guru (2)
terdapat hubungan antara kepemimpinan instruksional kepala sekolah dan guru
profesional, (3) terdapat hubungan antara kepemimpinan instruksional kepala
sekolah dan kinerja guru, dan (4) terdapat hubungan antara guru profesional
dengan kinerja guru.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut disarankan kepada guru, kepala
sekolah, pengawas sekolah, dan dinas pendidikan setempat sebagai bahan
masukan dan refleksi diri terhadap kepemimpinan instruksional kepala sekolah
dan guru profesional dengan kinerja guru yang pada akhirnya dapat
meningkatkan kinerjanya.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI