DIGITAL LIBRARY



JUDUL:HUBUNGAN PENGETAHUAN PERAWAT DENGAN PELAKSANAAN MOBILISASI PADA PASIEN DI ICU RSUD ULIN BANJARMASIN
PENGARANG:ANISA MAIDAWATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-01-20


ABSTRAK

HUBUNGAN PENGETAHUAN PERAWAT DENGAN PELAKSANAAN MOBILISASI PADA PASIEN DI ICU RSUD ULIN BANJARMASIN

Maidawati, Anisa

Latar Belakang: Pasien ICU banyak menggunakan alat bantu penggunaan alat bantu dapat menyebabkan pembatasan aktivitas dan pergerakan pasien yang dapat menyebabkan komplikasi seperti VAP dan dekubitus. Usaha yang dapat dilakukan untuk megurangi kejadian dengan mobilisasi untuk meningkatkan derajat hidup pasien kritis. Pemahaman perawat yang kurang mengenai mobilisasi dapat ditingkatkan lagi. Mobilisasi memang tindakan yang sederhana namun mobilisasi dapat bermanfaat bagi pasien.

Tujuan: Menganalisis hubungan antarapengetahuan perawat dengan pelaksanaan mobilisasi pada pasien di ICU RSUD Ulin Banjarmasin.Penelitian ini menggunakan metode korelasi dengan pendekatan cross sectional yang dilakukan di ICU RSUD Ulin Banjarmasin. Populasi yaitu perawat pelaksana, sampel 31 responden dengan teknik purposive sampling. Analisis data dengan uji korelasi spearman.

Hasil: Hasil penelitian meunjukkan tidak ada hubungan antara pengetahuan perawat dengan pelaksanaan mobilisasi (p value = 0,257>0,05).

Diskusi: Pengetahuan tidak berhubungan bermakna dengan pelaksanaan mobilisasi karena ada beberapa faktor yaitu sikap perawat, persepsi perawat dan lingkungan. Pengetahuan tentang mobilisasi masih perlu ditingkatkan dengan cara pelatihan tentang pelaksanaan mobilisasi dan lama kerja perawat semakin lama mereka bekerja maka pengalaman mereka tentang mobilisasi lebih banyak daripada perawat yang baru beberapa tahun bekerja.

 

Kata kunci: ICU,mobilisasi, pengetahuan, perawat

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI