DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN DENGAN MEDIA VIDEO TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN TENTANG PENYALAHGUNAAN NAPZA PADA SISWA DAN SISWI DI SMPN 15 BANJARBARU
PENGARANG:IQBAL WIRATAMA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-01-20


Latar belakang: Usia remaja adalah masa mencari jati diri, karena pada masa ini rasa ingin tahu terhadap hal baru sangat mendominasi perasaan, hal inilah yang kemudian bisa memicu terjadinya penyalahgunaan NAPZA. Perilaku penyalahgunaan NAPZA diakibatkan kurangnya pengetahuan mengenai hal tersebut.

Tujuan: Untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan dengan memanfaatkan media video terhadap tingkat penyalahgunaan NAPZA pada siswa dan siswi menengah pertama.

Metode: Penelitian ini dibangun dengan menggunakan desain penelitian pre-eksperimental dengan rancangan (one-group pra-post test design). Jumlah populasi pada penelitian ini sebanyak 92 siswa dan siswa. Adapun teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik probabillity sampling dengan jenis simple random sampling dengan jumlah sampel 33 partisipan. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji Wilcoxon Sign Rank Test dengan instrumen berupa kuesioner.

Hasil: Penelitian menunjukkan terdapat pengaruh pendidikan kesehatan dengan menggunakan media video terhadap tingkat pengetahuan penyalahgunaan NAPZA (α = 0,021 < 0,05).

Diskusi: Pendidikan kesehatan dengan menggunakan media video berpengaruh terhadap tingkat pengetahuan tentang penyalahgunaan NAPZA pada siswa-siswa SMPN 15 Banjarbaru.

Kata kunci: pendidikan kesehatan, media video, pengetahuan, penyalahgunaan NAPZA

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI